Yuk ke Banyuwangi, Ada Atraksi Baru di Alas Purwo

0
913

Nama Taman Nasional Alas Purwo memang sudah tidak asing lagi di kalangan pelancong. Taman nasional seluas 43.000 hektar ini merupakan salah satu destinasi wisata alam terpopuler di Banyuwangi. Namun tidak banyak yang tahu kalau di dalam taman nasional ini terdapat atraksi wisata bernama Mangrove Trail Jatipapak. Tempat wisata ini memang tergolong baru sehingga belum banyak dikunjungi orang.

Sesuai dengan namanya, di sini pengunjung akan diajak menyusuri hutan bakau lewat jembatan kayu kecil. Pemandangan dari atas jembatan ini bertambah indah ketika air laut sedang pasang. Pengunjung dapat menikmati deburan air laut yang jernih ditemani dengan pemandangan hutan bakau yang rimbun.

Jembatan ini juga membawa pengunjung langsung ke tengah-tengah hutan bakau. Di beberapa bagian, pohon-pohon bakau ini tumbuh sangat tinggi di kanan dan kiri jembatan, sehingga pengunjung seperti dibawa masuk ke dalam terowongan pepohonan. Setibanya di ujung jembatan, terdapat area dek terbuka yang langsung mengarah ke Teluk Pang-pang. Di sini, Anda dapat bersantai sejenak di kursi-kursi yang telah disediakan sambil menikmati keindahan hamparan laut di bawahnya.

Instagram @ainun_naim99

Selain berpetualang menyusuri hutan bakau, tentu saja pengunjung juga dapat berburu foto di Mangrove Trail Jatipapak ini. Ada banyak spot-spot menarik di sepanjang jalan yang sempurna untuk menghiasi laman akun media sosial Anda. Sebut saja bagian awal trek yang terbuka dengan pemandangan laut dan hutan bakau di belakangnya.

Berjalan agak jauh ke dalam, pengunjung akan menemukan terowongan pohon bakau yang telah menjadi spot foto favorit wisatawan. Dek kayu di ujung jembatan juga memiliki pemandangan yang indah untuk dijadikan latar belakang foto. Tidak sulit membayangkan tempat yang asri dengan pesona hutan bakaunya ini akan segera menjadi destinasi wisata populer.

Instagram @ekogatan

Mangrove Trail Jatipapak berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur. Dari pusat kota Banyuwangi, ambil arah ke Jalan Kapten Pierre Tandean, kemudian belok kiri ke Jalan MT Haryono. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Letjen Sutoyo lalu belok ke Jalan Nasional III. Dari jalan ini, belok kanan ke Jalan Brawijaya tempat gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo berada. Biaya masuk ke Mangrove Trail Jatipapak sebesar Rp 5.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 7.500 per orang untuk akhir pekan dan hari libur. Pengunjung yang membawa kendaraan bermotor juga harus membayar parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here