Bagai Milik Pribadi, Pantai Ini Surga bagi Penyuka Suasana Sepi

0
870

Wisata pantai merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di negara-negara kepulauan seperti Indonesia. Tidak mengherankan bila kawasan pesisir selalu ramai oleh wisatawan.

Namun lain halnya dengan Pantai Liang Kareta di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Meski namanya telah dikenal luas beberapa tahun belakangan ini, pantai yang dikelilingi gugusan karang tajam yang terkikis air laut bertahun-tahun sehingga membentuk gua (liang dalam bahasa setempat) ini belum banyak terjamah oleh wisatawan. Saking sepinya, Liang Kareta yang berada di barat Selayar ini serasa pantai milik pribadi.

Biasanya, warga setempat datang kemari saat akhir pekan untuk berkemah. Sementara para turis melewatkan siang di sini dengan berpiknik atau berjemur di sela-sela snorkeling atau scuba diving. Karena perairan pirus yang mengepungnya mengundang untuk menceburkan diri, tak jarang pengunjung pun akhirnya bermain dan berenang di tepian pantainya. Sementara penyuka adrenalin biasanya memanfaatkan tebing karam di sekitarnya sebagai papan loncat untuk kemudian menceburkan diri ke laut.

Instagram @visit_sulsel

Pemandangan bawah laut di Liang Kareta juga memesona dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang dapat ditemukan di sini. Namun, karena belum dikelola secara resemi, tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling. Anda mesti membawanya sendiri dalam perjalanan kemari.

Tebing yang mengelilingi pantai ini juga cocok untuk dijadikan lokasi foto. Wisatawan bisa memanjat tebing-tebing ini untuk mendapatkan foto dengan pemandangan laut yang luas. Dari atas sini juga, wisatawan dapat melihat keindahan Pantai Liang Kareta secara menyeluruh. Beberapa susunan batu pada tebing di pantai ini membentuk gua-gua eksotis yang dapat digunakan sebagai tempat berteduh. Di tempat ini, wisatawan bisa bersantai sambil menunggu pemandangan matahari terbenam yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Liang Kareta terletak di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar‎, Sulawesi Selatan. Untuk menuju Kepulauan Selayar, wisatawan dapat menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Bira, Makassar ke Pelabuhan Pamatata, Pulau Selayar. Selanjutnya, wisatawan hanya perlu menyewa ketinting (perahu motor, tarif sekitar Rp 250.000) dari Pelabuhan Benteng untuk menyeberang ke Liang Kareta dengan jarak tempuk 5 kilometer atau durasi perjalanan 30 menit.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here