Lima Negara Sulit Masuki Nepal, Imbas Penangguhan Visa Kedatangan

0
734

Pemerintah Nepal menangguhkan visa kedatangan bagi pendatang asal Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Italia, dan Iran, lima negara yang berpengaruh dalam penyebaran virus corona. Penghentian kebijakan visa kedatangan (on-arrival) diambil sebagai langkah menghindari risiko virus menyebar di Nepal dan berlaku mulai minggu depan.

Nepal juga melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan akan menangguhkan visa kedatangan bagi negara-negara lain selama satu bulan atau batas waktu yang tidak ditentukan. Kedutaan Besar Nepal di luar negeri akan memutuskan akan memberikan visa kedatangan atau tidak kepada pendatang dari negara-negara lain, setelah memeriksa sertifikat kesehatan mereka.

Pada 2019, Nepal menerima kunjungan 169.543 pengunjung dari Tiongkok, 30.534 orang dari Jepang, dan 29.680 orang dari Korea Selatan. Tentunya hal ini akan memengaruhi secara signifikan sektor pariwisata Nepal. Keputusan Nepal yang membatasi kunjungan dari warga asing bukanlah tindakan masif yang dilakukan sebuah negara. Arab Saudi terlebih dulu menangguhkan jemaah umrah dari seluruh dunia sejak 27 Februari 2020 dan kini juga menangguhkan jemaah umrah bagi warga negaranya mupun penduduk yang menetap di Arab Saudi.

Teks: Priscilla Picauly

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here