Ini Dia 3 Taman Tercantik di Bali, Sudah Pernah ke Sini?

0
856

Selama ini, Bali identik dengan wisata pantai. Namun ternyata Bali juga memiliki taman-taman bunga indah yang belum banyak diketahui wisatawan. Taman bunga ini memiliki pemandangan alam yang cantik dan juga bunga-bunga yang unik. Selain menawarkan spot foto yang menarik, biaya masuk ke taman bunga ini juga cukup terjangkau. Yuk, cari tahu tiga taman bunga paling cantik dan Instagenik di Bali!

  1. Padang Bunga Kasna

Terletak di Karangasem, padang ini memamerkan hamparan bunga kasna berwarna putih dengan tampilan mirip ranting-ranting pohon di luar negeri yang tertutup kristal salju. Selain bentuknya yang unik, bunga ini juga wangi, bahkan bila sudah kering sekalipun.

Di sini, pengunjung dapat berfoto di tengah-tengah hamparan bunga dengan menyusuri jalan setapak kecil yang membelah padang tersebut Pengelola juga sudah menyediakan jembatan kayu dengan rumah-rumah pohon di ujungnya sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan Padang Bunga Kasna dari ketinggian.

Beroperasi tiap hari pukul 06:00-17:00, harga tiket masuk Padang Bunga Kasna adalah Rp 10.000. Untuk mencapai tempat ini dari Pura Bekasih, pengunjung perlu berbelok ke kanan dari jalan masuk pura sejauh 180 meter, kemudian berbelok ke kiri sejauh 800 meter. Perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke kiri kembali dan menyusuri jalan sepanjang satu kilometer. Dari sini, pengunjung hanya perlu berbelok lagi ke kiri, lalu berjalan sejauh 50 meter hingga menemukan Padang Bunga Kasna di sisi jalan. Biasanya, ada juga warga sekitar yang memandu perjalanan menuju taman ini.

  1. Ladang Bunga Marigold 

Hamparan bunga kuning keemasan di sela-sela hijaunya dedaunan menjadikan ladang bunga marigold ini sebagai salah satu spot foto favorit di Bali. Siapa yang menyangka, ladang bunga ini ternyata terletak di pinggir jalan raya, tepatnya di sepanjang sisi jalan raya antara Bedugul dan Kintamani. Di sini, terdapat begitu banyak kuntum-kuntum bunga keemasan marigold yang ditata rapi dalam barisan. Pengunjung dapat berjalan di sela-sela barisan bunga ini dan berfoto di tengah hamparan bunga marigold.

Untuk masuk ke dalam ladang bunga marigold, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja, pengunjung harus berhati-hati di tempat ini agar tidak menginjak dan merusak bunga-bunga yang ada.

Bunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko ini dibudidayakan oleh masyarakat setempat untuk digunakan dalam rangkaian pemujaan maupun sesajen karena warna cerah bunga marigold nampak cantik bila dipadukan dengan beras dan dupa dalam sesajen. Bunga marigold biasa tumbuh tiap awal bulan, tapi karena ditanam untuk kebutuhan ritual setempat, ladang bunga ini terkadang tampak gundul habis dipanen.

Ladang Bunga Marigold terletak di Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Dari Bedugul, pengunjung perlu mencari arah ke Desa Belok. Dari Jalan Raya Bedugul, ambil arah ke Jalan Baturiti-Petang kemudian ke Jalan Raya Pura Pucak Mangu. Dari jalan ini, belok ke kiri ke Jalan Jempanang kemudian ke kiri lagi ke Jalan Pura Puncak Antapsai Bon. Selanjutnya, pengunjung perlu belok ke kanan sejauh 190 meter kemudian ke kiri sejauh 700 meter. Anda dapat menemukan Desa Belok dan ladang bunga marigold di sepanjang jalan ini.

  1. Lotus Lagoon

Taman bunga yang terakhir ini cukup unik. Bukan berada di tanah lapang, taman bunga ini berada di kolam yang luas. Ya, Lotus Lagoon di Candidasa menawarkan pemandangan ratusan bunga teratai. Pengunjung dapat berfoto di tepi kolam dengan latar belakang bunga-bunga teratai berwarna putih dan ungu. Di salah satu sisi kolam juga tersedia dek batu untuk berfoto sambil duduk-duduk. Untuk pengalaman yang lebih seru, pengunjung dapat menyewa perahu kayu untuk berfoto di tengah-tengah hamparan bunga teratai. Asyiknya lagi, tempat wisata indah ini tidak memungut biaya masuk apa pun.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan Lotus Lagoon Candidasa adalah di pagi hari. Saat matahari tidak begitu terik, bunga-bunga tertai ini akan bermekaran indah dan memenuhi seluruh kolam. Sayangnya, di siang hingga sore hari bunga-bunga ini cenderung menguncup karena cuaca yang terlalu panas.

Lotus Lagoon Candidasa berada di Jalan Raya Candidasa, Desa Adat Bugbug, Karangasem. Lokasinya tepat di pinggir jalan sehingga mudah untuk diakses. Dari pusat Karangasem, pengunjung dapat menyusuri Jalan Diponnegoro kemudian ke Jalan Achmad Yani. Dari sini, ikuti Jalan Raya Perasi sejauh 8,3 kilometer. Tempat wisata Lotus Lagoon Candidasa ada di sisi kiri jalan.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here