17 Lukisan Leonardo da Vinci Ada di Museum Bank Mandiri

0
640

Mengenang 500 tahun meninggalnya Leonardo da Vinci, Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia untuk Indonesia mengadakan pameran bertajuk Leonardo Opera Omnia di Museum Bank Mandiri, Jakarta. Menampilkan 17 reproduksi karya da Vinci dalam format high-definition digital imaging, seperti Mona Lisa dan The Last Super, pengunjung dapat menikmati pameran tersebut hingga 3 Maret 2020.

Meski ditampilkan dalam bentuk digital, pengunjung tetap dapat menikmati detail dan keindahan setiap lukisannya berkat teknologi yang canggih. Semua karya da Vinci ini dihadirkan dalam skala yang sama dengan lukisan aslinya. Warna lukisan juga nampak cerah dan tajam berkat backlight LED yang menyorot dari balik kanvas. Tidak diragukan lagi, para pengunjung pasti akan merasa sedang berdiri di hadapan lukisan yang asli. Bahkan, emosi dan pesan yang dipancarkan lukisan-lukisan aslinya pun bisa dirasakan di sini.

Sebelum dipamerkan di Indonesia, lukisan da Vinci dalam format digital ini telah dibawa ke berbagai wilayah di Asia. Beberapa kota yang juga menghadirkan pameran ini adalah Beijing, Kuala Lumpur, dan Yangon. Selain itu, negara-negara di Eropa juga telah menggelar berbagai pameran untuk mengenang separuh milenium kepergian da Vinci. Ada Italia dengan pameran Celebrating Leonardo dan Buckingham Palace di Inggris yang menampilkan kurang lebih 200 karya da Vinci. Louvre Paris juga turut berpartisipasi dengan menggelar pameran khusus 500 Tahun Kepergian da Vinci hingga 24 Februari 2020.

Museum Bank Mandiri terletak di Jalan Lapangan Stasiun No. 1, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Untuk ke museum ini, Anda dapat menggunakan moda transportasi umum. Dengan menggunakan Transjakarta, Anda dapat memilih pemberhentian di Halte Transjakarta Kota. Setelah itu, Anda tinggal berjalan kaki menuju Museum Bank Mandiri. Sementara bila menggunakan Commuter Line (KRL), Anda dapat berhenti di stasiun akhir Jakarta Kota dan berjalan kaki hingga sampai di Museum Bank Mandiri.

Museum Bank Mandiri buka tiap Selasa hingga Kamis pukul 09:00 hingga 15:30, hari Jumat pukul 08:00 hingga 11:30 dan pukul 13:00 hingga 15:30, serta Sabtu dan Minggu pukul 09:00 hingga 18:30. Harga tiket masuk Rp 5.000 untuk umum, Rp 3.000 untuk pelajar/mahasiswa, dan Rp 15.000 untuk warga asing.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here