Tak Dapat Berkomunikasi dengan Warga Lokal, Apa yang Harus Dilakukan?

0
526

Bahasa Inggris adalah bahasa paling umum di banyak negara, yang menjadi penyelamat dalam berkomunikasi dengan warga lokal. Kenyataannya, tidak semua perkiraan kita sejalan dengan realita. Saat bertandang ke negara-negara tertentu yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, komunikasi dengan warga lokal bisa menjadi mimpi buruk.

Alih-alih terjebak dalam situasi komunikasi tanpa arah, lakukan beberapa tip berikut ini untuk memudahkan kegiatan wisata Anda.

Tetap Tenang

Setiap kendala pasti ada solusinya, ingatlah itu! Tetap tenang dan berpikir positif. Ambil waktu beberapa menit untuk menenangkan diri agar kembali fokus untuk memutuskan tindakan tepat yang mesti dilakukan.

Tulis Sebelumnya

Sebelum keluar menjelajah destinasi, minta pihak hotel untuk menulis hal-hal sederhana dalam bahasa lokal. Misalnya, menulis nama tempat wisata yang ingin dituju, makanan lokal yang ingin dicicipi, atau transportasi umum yang ingin dinaiki. Sekalian juga minta mereka untuk mengucapkannya supaya Anda dapat mengikutinya dengan tepat.

Gunakan Aplikasi

Di zaman serba canggih ini manfaatkan berbagai aplikasi bahasa untuk menunjang aktivitas berwisata. Google Translate adalah yang paling favorit karena terdiri dari varian bahasa, selain itu begitu praktis untuk digunakan, bahkan saat ponsel tidak terhubung jaringan Internet.

Siapkan Rencana Cadangan

Mungkin saja di tengah perjalanan ponsel Anda kehabisan baterai sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi penerjemah. Selalu siap sedia dengan rencana cadangan dan untuk kasus ini Anda perlu menyimpan buku panduan perjalanan, terutama mengenai bahasa lokal kota atau negara yang dituju. Buku panduan biasanya berisi daftar kata dan kalimat umum yang biasa digunakan di kegiatan sehari-hari.

Pergilah ke Hotel Terdekat

Tersesat di tengah jalan? Carilah hotel (sebaiknya bintang empat ke atas) yang terbiasa melayani tamu internasional, di mana staf hotel pastinya terbiasa pula berkomunikasi dalam bahasa Inggris, sehingga memudahkan Anda menanyakan arah atau tempat yang ingin dituju.

PusatĀ InformasiĀ Turis

Selain hotel, pejalan dapat mencari pusat informasi turis terdekat untuk mendapatkan kemudahan penjelasan seputar tempat wisata atau pun arah. Biasanya para staf yang ditempatkan fasih berbahasa Inggris atau bahasa umum lainnya karena akan melayani turis dari berbagai negara.

Cari Anak Muda

Alih-alih bertanya pada penduduk senior, pilihlah anak muda yang peluang untuk memahami berbahasa Inggris lebih besar. Biasanya, anak-anak muda lebih ingat mengenai bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah dan terbiasa menggunakannya di pergaulan sehari-hari, dibandingkan warga senior yang lebih konvensional menggunakan bahasa ibu.

Gambar atau Bahasa Tubuh

Jika semua opsi tidak dapat diaplikasikan, gunakan cara sederhana dengan menggambar yang dimaksud atau menggunakan gestur untuk mendeskripsikannya. Perhatikan gerak tubuh karena beberapa gerakan akan dianggap sensitif dan tidak sopan di sejumlah negara.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here