5 Perjalanan Sehari dari Bangkok

0
332

Ingin tahu ke mana harus menghabiskan waktu selain di Bangkok tetapi tidak ingin pergi terlalu jauh? Kota-kota dekat Bangkok dapat menjadi opsi untuk perjalanan sehari, dan kami merekomendasikan lima di antaranya yang dapat ditempuh dalam waktu satu jam saja. Dari menjelajahi reruntuhan kuil kuno hingga bersepeda di sebuah pulau, perjalanan ke lima destinasi ini dijamin bakal memberikan pengalaman yang berbeda.

Ayutthaya

Ayutthaya adalah ibu kota kerajaan Siam pada abad 14 hingga 17, sekaligus pusat kebudayaan, kekayaan arsitektur, dan perdagangan internasional. Memiliki tiga istana besar dan 400 kuil yang hampir semuanya dihancurkan ketika Burma menginvasi Siam pada tahun 1767, perjalanan ke kota tua ini berarti beranjak dari satu wat ke wat lain.

Wat yang mesti dikunjungi ketika berada di Ayutthaya adalah Wat Mahathat. Kuil ini memiliki sebuah objek yang paling sering dipotret di Thailand, yaitu kepala Buddha yang terlilit akar pohon Banyan, sementara bagian badannya tidak diketahui keberadaannya. Jangan lewatkan juga Wat Ratchaburana dengan dua pagoda dan sebuah biara yang dihiasi naga, garuda, dan patung-patung lain yang terbuat dari campuran tumbukan batu, pasir, dan air. Setelah mengelilingi kompleks ini, Anda dapat mengunjungi Ayutthaya Floating Market, Thai Boat Museum, dan Bang Sai Royal Folk Arts and Crafts Center.

• Nakhon Pathom

Kebanyakan pelancong dan penduduk setempat menuju Nakhon Pathom untuk menikmati kehidupannya yang lambat, selain mengunjungi sejumlah landmark-nya, termasuk Wat Phra Pathom Chedi yang merupakan tempat stupa terbesar dan tertinggi di Thailand berada. Kuil tersebut juga merupakan landmark agama pertama yang memperkenalkan Buddha ke Thailand.

Bila ingin melewatkan hari yang santai dengan wisata alam, jangan lewatkan Red Lotus Pond yang indah, yang dapat Anda susuri dengan menggunakan perahu dayung. Pastikan juga untuk menikmati camilan dari bunga teratai setelahnya. Anda juga dapat membeli makanan dan produk lokal lainnya dengan harga murah dari para penjual yang menggelar dagangannya di perahu mereka sembari menikmati suasana pasar terapung yang autentik di Lam Phaya Floating Market, atau menuju Don Wai Market untuk mencicipi kuliner setempat.

• Nonthaburi

Nonthaburi adalah kota terbesar kedua di Thailand, yang terletak di barat laut Bangkok di sepanjang Sungai Chao Phraya. Berada di sini, jangan lewatkan kunjungan ke Koh Kret, pulau mungil yang terkenal dengan kerajinan tangannya, untuk melihat cara hidup orang Mon yang unik, yang tinggal di dalam gubuk kayu dan dikelilingi oleh pepohonan palem.

Pengunjung juga biasanya kemari untuk melihat toko-toko tembikar, atau sekadar bersepeda mengelilingi pulaunya. Selain mengunjungi Koh Kret, Museum of Nonthaburi dan Nonthanaburi Market juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

• Samut Prakan

Terletak di mulut Sungai Chao Phraya, provinsi ini didirikan pada era kerajaan Ayutthaya dengan pusat pemerintahan di Prapadaeng. Kaya akan warisan budaya, pecinta alam pun dapat menikmati kunjungan kemari karena sebagian besar daerahnya berupa sawah, kebun, hutan bakau, dan pepohonan nipah. Mereka dapat menuju Bang Krachao untuk bersepeda di tengah alam yang asri, atau menuju Bang Pu Seaside Park untuk melihat dan memberikan makanan kepada kawanan burung camar, lalu menanti matahari terbenam. Opsi lainnya adalah mengunjungi Erawan Museum yang terkenal dengan patung gajah berkepala tiganya yang terbuat dari perunggu.

• Samut Sakhon

Merupakan salah satu provinsi tepi laut di Thailand, masyarakat setempat menyebutnya Mahachai. Di masa lalu, Samut Sakhon adalah pelabuhan perdagangan untuk sejumlah besar barang-barang Cina. Kini, kawasanan ini juga merupakan pelabuhan perikanan utama sekaligus produsen garam terbesar di Thailand.

Berkunjung kemari, jangan lewatkan Wat Krok Krak, satu-satunya kuil dengan patung Buddha yang mengenakan kacamata hitam. Penyuka makanan laut juga dapat menuju Mahachai Market. Makanan laut di sana ditangkap setiap pagi dan harganya lebih murah daripada di Bangkok.Bila tidak ingin memasaknya sendiri, penjual di sana juga bisa memasaknya untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here