Di Balik Layar Lebar

0
66

New York bertabur tempat yang menjadi latar film-film Hollywood ternama. Bila mengaku sebagai pecinta film, kunjungi tempat-tempat berikut ini.

Plaza Hotel

Alfred Hitchcock pernah mengambil adegan film North by Nortwest (1959) di sini, kemudian sederet film-film Hollywood ternama pun mengambil langkah sama. Sebut saja The Way We Were (1973), Funny Girl (1968), Crocodile Dundee (1986), Home Alone II: Lost in New York (1992), Bride Wars (2009), hingga The Great Gatsby (2013). Plaza Hotel yang berada di sudut Central Park, tepatnya di French Chateau ini dikenal sebagai salah satu hotel mewah di New York yang kerap diinapi tokoh-tokoh terkenal.

• Grand Central Terminal

Dibuka pada 2 Februari 1913, Grand Central merupakan salah satu jalur transit tersibuk yang kemudian banyak dimanfaatkan para pekerja kreatif untuk merekam adegan film, seperti ketika George Clooney menikmati makan siang bersama putrinya di Oyster Bar dalam film One Fine Day (1996). Atau yang paling membekas saat Will Smith yang berperan sebagai Agent J dalam Men in Black II (2002) menemukan sekelompok alien di sebuah loker stasiun. Grand Central pernah memiliki sebuah bioskop pada 1937, yang terletak di sebelah jalur 17. Bioskop ini memiliki 242 kursi dan biasanya memutar film pendek, dokumenter, dan animasi. Bioskop ini bertahan hingga 1967, sebelum digantikan dengan deretan toko.

• Perpustakaan Umum New York

Bangunan ini pernah masuk dalam film Ghostbusters (1984), tepatnya di adegan Dr. Peter Venkman dan rekan-rekannya berburu hantu petugas perpustakaan. Film The Day After Tomorrow (2004) dan Sex and the City: The Movie (2008) pun melakukan syuting di Perpustakaan Umum New York.

• Tiffany & Co.

Lagu Moonriver mengiringi langkah Holly Golightly (diperankan Audrey Hepburn) keluar dari taksi, tepat di depan toko perhiasan Tiffany & Company yang berlokasi di 5th Avenue. Dengan gaun hitam yang elegan dan kacamata hitam, Holly kemudian mengunyah roti dan meminum kopi sambil melihat-lihat etalase yang memajang aneka perhiasan. Adegan ikonik tersebut berasal dari film Breakfast at Tiffany’s (1961).

• Coney Island

Pada 1824, Coney Island dikembangkan untuk menjadi resor tepi pantai, yang seiring waktu berkembang dengan kehadiran sejumlah atraksi wisata, restoran, toko, dan taman-taman rekreasi, seperti Sea Lion Park, Steeplechase Park, Luna Park 9, dan Dreamland. Tak sedikit film-film Hollywood yang menampilkan tempat ini, seperti dalam The Wiz (1978), Two Weeks Notice (2002), Uptown Girls (2003), Brookyln (2015), dan Men Black 3 (2012).

• Apartemen di 90 Bedfort Street

Kisah persahabatan Rachel, Monica, Phoebe, Ross, Chandler, dan Joey di serial Friends yang bertahan selama sepuluh musim berlatarkan kehidupan kelas menengah yang merintis karir di New York. Sebagian besar kisah enam sahabat ini mengambil tempat di sebuah apartemen, di mana bagian eksteriornya diambil di gedung yang berada di antara Jalan Grove dan Bedfort.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here