Museum Seni Terapung Pertama di Paris, Bebas Tiket Masuk

0
119

Pelancong kini memiliki opsi atraksi wisata baru saat mengunjungi Paris dengan kehadiran museum seni Fluctuart. Terletak di tepi Sungai Seine, atau tepatnya di sebelah Pont des Invalides, nama museum ini diambil dari moto Paris “Fluctuat nec Mergitur” yang berarti “terombang-ambing, tetapi tak tenggelam”, sesuai dengan konsep yang mereka bawa, yakni museum terapung.

Beroperasi mulai 4 Juli 2019 lalu, bangunan berlantai tiga ini memiliki dinding transparan yang menampilkan seni jalanan dan grafiti karya seniman seperti Banksy dan Shepard Fairey. Selain memamerkan karya para perintis seni jalanan dan master terkenal di dunia, museum yang membebaskan tiket masuk sepanjang tahun ini juga menampilkan karya seniman baru lewat pameran permanen maupun temporer.

Keunikan lainnya dari Fluctuart adalah ruangannya yang tampak modern minimalis, selain menyuguhkan sejumlah fasilitas untuk pengunjung. Mereka dapat menikmati suasana museum dengan duduk-duduk di pop-up cocktail bar, atau menuju lantai teratasnya untuk menyantap makanan dan minuman di bar dan restorannya sembari menikmati permainan musik DJ dan pemandangan sekitar sungai, termasuk Grand Palais yang terletak di seberang sungai. Selain itu, museum mungil ini juga menawarkan layanan brunch di tengah pameran permanen, ruang untuk anak-anak dengan lokakarya, layanan pengasuhan anak, ruang serbaguna untuk berbagai acara budaya, dan toko buku.

Sekarang, sudah terdapat 15 karya permanen dari Fluctuart sendiri yang sebagiannya merupakan karya dari Laugero Lasserre dan Boursin. Sedangkan hingga 22 September 2019 pengunjung dapat menikmati pameran temporer “Exposition Time Capsule” yang menampilkan karya-karya seniman asal Brooklyn, Swoon.

Museum ini merupakan pemenang Réinventer la Seine di tahun 2017, sebuah proyek yang bertujuan merevitalisasi Sungai Seine. Dirancang oleh perusahaan arsitektur Seine Design dalam kemitraan dengan Artistik Rezo dan dibangun kurang dari dua tahun, rencananya pemerintah juga akan meluncurkan 40 proyek lainnya di sepanjang tepi Sungai Seine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here