Destinasi Terpencil di Thailand Mengalami Pertumbuhan Airbnb

0
148

Data terbaru Airbnb menunjukkan bahwa komunitas Airbnb memegang peranan penting dalam membantu pertumbuhan pariwisata di destinasi terpencil di Thailand. Pada 2018, jumlah kedatangan tamu Airbnb di destinasi terpencil Thailand meningkat sebesar 53 persen dari tahun sebelumnya, dengan pertumbuhan tercepat di beberapa area berikut.

  1. Rawai – 92%
  2. Chiang Rai -90%
  3. Hat Yai – 214%
  4. Saladan – 71%

Dengan hingga 97 persen dari harga yang terdaftar langsung masuk ke kantong pengusaha perhotelan Airbnb, dan hampir 50 persen pengeluaran tamu terjadi di lingkungan tempat mereka menginap, Airbnb membawa manfaat ekonomi dari pariwisata kepada komunitas lokal yang belum berbagi manfaat ini di masa lalu.

“Selain menumbuhkan pariwisata, penting juga untuk memastikan bahwa manfaat pariwisata menyebar di luar kota-kota besar dan tujuan wisata utama. Data baru ini menunjukkan bahwa Airbnb tidak hanya menumbuhkan pariwisata lokal – tetapi juga menyebarkan pertumbuhan ini di seluruh Thailand. Semakin banyak tamu Airbnb yang datang ke tempat-tempat yang terpencil atau masih berada di bawah radar turis, semakin banyak pula pendapatan dan pekerjaan di tempat tersebut,” kata Mich Goh selaku Kepala Kebijakan Publik Airbnb Asia Tenggara.

Data tersebut juga mengungkapkan lebih banyak pengusaha perhotelan di tujuan terpencil – baik penyewa rumah maupun pemilik hotel kecil dan butik – beralih ke platform Airbnb sebagai cara untuk mempromosikan properti mereka kepada pelancong dari Thailand dan dunia.

Pada 2018, beberapa area di Thailand dengan pertumbuhan properti Airbnb tertinggi adalah sebagai berikut.

  1. Nakhon Sawan – 167%
  2. Trang – 84%
  3. Hat Yai – 65%
  4. Phra Nakhon Si Ayutthaya – 66%
  5. Chumphon – 61%

Airbnb juga membagikan data baru ini di New Destinations Summit pertama Airbnb di Igualada (Barcelona, ​​Spanyol) untuk menyoroti dampak positif model komunitas Airbnb pada komunitas di Eropa yang sedikit atau tak memiliki hotel. Sekitar setengah dari kota di Catalonia, misalnya, tidak memiliki hotel atau pilihan akomodasi tradisional lainnya. Tetapi di hampir 120 komunitas tanpa hotel di Catalonia, perjalanan dengan platform Airbnb telah membantu meningkatkan perekonomian sebesar 1,5 juta pound.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here