6 Kesalahan Naik Taksi Online Ketika Bujet Terbatas

0
459

Kelebihan taksi online tak hanya karena kemudahan pembayaran (tak perlu tunai), namun juga karena pemesanan dan pelacakan kendaraan pun mudah. Walau tak selalu, rata-rata harga yang ditawarkan layanan ini pun lebih murah ketimbang taksi atau sewa mobil pribadi. Sebelum naik taksi online di kota-kota yang asing, ada baiknya Anda ketahui dulu bagaimana layanan berbasis teknologi ini bekerja, sehingga dapat menghidari beberapa kesalahan yang berujung pada membengkaknya biaya transportasi. Lain kali ingin naik taksi online ketika menjelajah suatu tempat baru dengan bujet terbatas, pastikan untuk:

  • Mengenali Layanan yang Ditawarkan

Uber, misalnya, memiliki jenis UberX, UberBLACK, dan UberXL. Cari tahu yang sesuai kebutuhan dan situasi perjalanan karena harga jenis layanan tersebut berbeda-beda. Misalnya dari bandara bila membawa koper besar bersama beberapa teman, pastikan untuk memesan UberXL, bukan UberX supaya mendapatkan mobil dengan ukuran bagasi dan ruang kabin yang lega.

  • Mengetahui Biaya Pembatalan

Beberapa layanan taksi online memberlakukan kebijakan biaya pembatalan untuk bersikap adil kepada para rekan pengemudi. Pastikan Anda mengetahui syarat dan ketentuan pembatalan, beserta jumlah yang akan dikenakan jika melakukan pembatalan setelah pesanan diterima pengemudi. Uber, misalnya, memberlakukan biaya pembatalan bila setelah lima menit penumpang membatalkan pesanan atau pengemudi sulit menghubungi penumpang. Di tempat-tempat sibuk, seperti bandara, stasiun, atau pelabuhan, persaingan mendapatkan pengemudi biasanya tinggi, sehingga membutuhkan kesabaran. Tanyakan dengan pusat informasi, staf tempat yang bersangkutan, atau sang pengemudi akan tempat yang tepat untuk menunggu mobil. Jangan memesan mobil sebelum tiba di titik penjemputan.

  • Mewaspadai Kenaikan Harga

Di saat-saat sibuk perusahaan taksi online juga mengenakan biaya lebih tinggi. Bila kenaikannya cukup signifikan dibandingkan harga normal dan tidak sedang buru-buru, disarankan menunggu hingga tarif kembali normal atau putuskan untuk naik taksi konvensional yang mungkin harganya sama namun tak perlu menunggu lama.

  • Tidak Berasumsi Taksi Online Tersedia di Mana Pun

Di kawasan pinggiran kota yang terpencil, terutama yang minim pemukiman biasanya memang sulit mendapatkan taksi online. Walau begitu, kadang di tengah kota pun ada tempat-tempat tertentu yang melarang taksi online dilarang beroperasi karena aturan pemerintah setempat. Sebelum berangkat, cari tahu dahulu jaringan daerah yang dilayani taksi online.

  • Mengetahui Fitur Berbagi

Beberapa taksi online memiliki layanan untuk patungan ongkos, seperti Uber dengan UberPOOL-nya, sehingga penumpang dengan rute sejalan dapat membagi beban harga yang ditetapkan. Untuk rute-rute jauh yang mahal, opsi ini dapat dipilih untuk menghemat. Hanya saja, kekurangan dari layanan ini adalah bila naik dari bandara, stasiun, atau pelabuhan dan membawa koper, ruang bagasi terbatas karena harus berbagi dengan penumpang lain. Durasi perjalanan pun juga jadi lebih panjang karena pengemudi harus mengantar penumpang lain sesuai urutan rute.

  • Tidak Berasumsi Taksi Online Selalu Lebih Murah

Bila berada di kota yang mahal dengan transportasi umum yang memadai, jika tidak membawa banyak barang, opsi kereta bawah tanah atau bus bisa jauh lebih murah ketimbang naik taksi online. Namun di tempat-tempat yang transportasi umumnya kurang baik atau yang bandaranya tidak terhubung dengan jaringan kereta bawah tanah, jika taksi online sedang mengenakan biaya tinggi, pilihlah taksi konvensional yang argonya bisa lebih murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here