Selandia Baru pun Rayakan Imlek

0
109

Berkumpul bersama keluarga adalah ritual khas setiap Imlek, yang juga dapat dilakukan sambil melakukan perjalanan, seperti ke Selandia Baru, yang ternyata menawarkan banyak atraksi seru dalam merayakan pergantian tahun bagi masyarakat Tiongkok itu. Tercatat sebanyak 1.136 pejalan Indonesia mengunjungi Selandia Baru pada Februari 2018, di mana jumlah ini meningkat 10,9 persen dari 2017. Sebagai negara dengan komunitas Tionghoa yang kian meningkat, Selandia Baru pun memang seakan ikut merayakan Imlek. Bila berada di Selandia Baru bertepatan dengan Imlek (mungkin dapat dipertimbangkan untuk perjalanan tahun depan), berikut beberapa rekomendasi festival yang meriah untuk dikunjungi.

Dunedin Chinese New Year Festival

Diselenggarakan pada 5 Februari di Dunedin Chinese Garden, perayaan Imlek di Dunedin menghadirkan parade naga yang berawal dari pusat kota Octagon, atraksi barongsai, pertunjukan budaya dengan berbagai kedai makanan. Menawarkan ketenangan di tengah-tengah keramaian perkotaan, Dunedin Chinese Garden yang dibangun 10 tahun lalu memang dirancang untuk membawa suasana Tiongkok tradisional ke Pulau Selatan Selandia Baru. Jangan lewatkan pameran bertajuk New Networks: Contemporary Chinese Art di Dunedin Public Art Gallery (hingga 28 April 2019) yang menampilkan karya tokoh-tokoh gerakan seni kontemporer Tiongkok terkemuka.

Christchurch Night Noodle Markets

Night Noodle Markets  yang populer kembali diadakan di Christchurch selama 12 hari pada Februari 2019, yaitu dari tanggal 6-7. Pasar kaget khas Asia ini mengubah North Hagley Park menjadi sebuah negeri Timur yang eksotis dengan hamparan lentera Tiongkoknya. Di sini tersaji berbagai hiburan keluarga, lengkap dengan kedai makanan dari penjaja lokal maupun internasional terbaik.

Wellington – Chinese New Year Festival

Ibu kota Selandia Baru merayakan Imlek dengan festival meriah setiap tahunnya di TSB Bank Area. Diselenggarakan oleh Asian Events Trust, acara ini telah berlangsung selama 19 tahun. Perayaan 2019 ini bertepatan dengan pameran akbar di museum nasional, Te Papa – The Terracotta Warriors: Guardians of Immortality (hingga 22 April 2019). Festival yang digelar 9-10 Februari ini menghadirkan acara khusus, di antaranya pertunjukan seni, permainan sepak bola Beijing vs. Wellington, dan pertunjukan kembang api spektakuler. Puncak perayaan dimeriahkan oleh gelaran pasar khas Asia, parade jalanan, dan berbagai hiburan budaya yang berpusat di tepi perairan Wellington yang indah.

Auckland Lantern Festival

Tahun, ini Auckland Lantern Festival memasuki tahun ke-20 dan telah menjadi salah satu acara budaya favorit dan paling dinanti di Auckland dengan sekitar 200.000 pengunjung setiap tahunnya karena tidak dikenakan biaya masuk. Digelar pada 14-17 Februari di Auckland Domain, festival ini memberikan warna tersendiri pada wajah kota lewat lebih dari 800 lampion buatan tangan yang terpasang di pohon-pohon maupun rumput di Domain. Kios makanan, musik, dan hiburan jalanan pun menambah meriah festival ini. Itu semua masih ditambah berbagai hiburan untuk keluarga, seperti seni bela diri, tarian, dan live music.

Stargazing di Lake Tekapo

Sebagai salah satu negara dengan langit tergelap di dunia, Selandia Baru memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan cara yang unik. Di Lake Tekapo, Pulau Selatan, operator tur stargazing yang terkenal di dunia, Earth and Sky, menawarkan tur khusus untuk mempelajari alam semesta. Konon, Planet Jupiter yang dianggap sang pembawa keberuntungan, setiap Imlek akan tampak bersinar terang. Jupiter akan dapat dilihat dari dekat di observatorium dalam tur menarik ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here