8 Alasan untuk Menyelam di Indonesia

0
646

Entah Anda seorang penyelam berpengalaman yang ingin mencari situs selam menantang berikutnya maupun pemula yang berniat mencari pengalaman baru, berikut adalah delapan alasan mengapa scuba diving di Indonesia menawarkan kesempatan yang sama bagi setiap penyelam untuk menikmati petualangan bawah laut yang luar biasa.

  • Sebagian besar wilayahnya berada di Coral Triangle

Dari total enam juta kilometer persegi luas Coral Triangle, sebagian besar wilayahnya adalah perairan Indonesia. Merupakan habitat bagi setidaknya 500 spesies koral, 3.000 spesies ikan, dan enam dari tujuh spesies penyu yang ada di dunia, sehingga dijuluki Hutan Amazon laut, di perairan seluas 5,7 juta kilometer ini merupakan area konservasi yang penting.

  • Lebih bagus

Menyelam di Indonesia, terutama bagi yang sudah pernah menyelam di Kepulauan Komodo dan Raja Ampat, akan membuat pengalaman menyelam di tempat-tempat lain bagai antiklimaks. Mungkin situs-situs di negara lain lebih terjaga dan lebih terkenal, namun menyelam di Indonesia adalah paduan dari keragaman koral, biota laut, jarak pandang yang jauh, dengan pantai-pantai indah yang banyak di antaranya tidak tercantum di peta, dan serunya petualangan menuju ke tempat- tempat terpencil.

  • Airnya hangat

Sebagai penyelam, aspek persiapan menyelam yang paling tidak disukai adalah mengenakan wetsuit. Berhubung rata-rata perairan di Indonesia bersuhu 29 derajat Celsius, penyelam dapat cukup mengenakan rashguard (sejenis T-shirt tipis berlengan panjang atau pendek dari bahan lycra), sehingga persiapan menyelam lebih singkat dan memangkas berat koper secara signifikan.

  • Value for money

Harga menyelam di Indonesia sebanding dengan apa yang dibayarkan dengan kualitas layanan yang relatif lebih baik.

  • Servis bagai raja

Penyelam di Indonesia dimanjakan para operator. Mereka tak perlu mengangkat tabung dan peralatan selam sendiri, dan bahkan alat scuba pun dipasangkan para kru.

  • Belum terkenal

Dibandingkan Maldives atau Laut Merah di Mesir, Indonesia memang belum terlalu terkenal sebagai destinasi menyelam kelas dunia, sehingga seramai-ramainya suatu tempat, di dalam air tetap akan lebih sepi.

  • Letaknya terpencil

Infrastruktur Indonesia sebagai negara kepulauan yang belum merata ternyata merupakan blessing in disguise. Sulitnya perjalanan menuju tempat-tempat menyelam di Indonesia membuat siapa pun pasti akan lebih bangga dapat menaklukkan dan menyelam di Kepulauan Togean yang membutuhkan perjalanan tiga hari dari Jakarta, misalnya, ketimbang menyelam di Maldives yang dari bandara di Male setiap tamu dijemput dengan helikopter menuju pulau tempat menginap.

  • Tidak habis-habis dieksplor

Indonesia terdiri dari dari belasan ribu pulau. Walau mengaku telah menyelam dari ujung barat hingga ujung timur Nusantara, dari tahun ke tahun selalu muncul operator baru yang menawarkan keistimewaan situs-situs baru. Pernah mendengar Teluk Weda di Pulau Halmahera atau Cape Paperu di Teluk Saparua? Menyelam di Indonesia berarti selalu memiliki opsi baru yang beragam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here