Sudahkah ke 10 Tempat Cantik Ini di Lombok?

0
375

Berkunjung ke Lombok berarti bersiap untuk menikmati pantai-pantai indah yang sepi, air terjun tersembunyi, Gunung Rinjani yang megah, dan tentu saja, budaya Sasak yang telah menyumbangkan keunikan dalam keragaman budaya Indonesia. Lain kali ke Lombok, jangan lewatkan 10 tempat berikut ini.

  • Pantai Tanjung Aan

Terletak tiga kilometer dari Pantai Kuta, butiran pasir di sini mirip butiran merica dengan warna putih, kuning kecokelatan, hingga hitam, sementara perairannya memiliki ombak yang cukup tenang dengan kedalaman yang relatif dangkal, sehingga cocok untuk berenang maupun snorkeling. Menjelang sore ketika permukaan air laut mulai naik, banyak peselancar ke sini untuk mencoba menaklukkan ombaknya.

  • Pantai Mandalika

Sempat dinamakan Pantai Kuta karena lokasinya yang berada di Desa Kuta, pantai ini kemudian berubah nama menjadi Pantai Mandalika, seiring dengan adanya program Visit Lombok Sumbawa pada 2012, selain untuk membedakannya dengan Pantai Kuta di Bali yang telah lebih dulu terkenal. Nama Mandalika ini diambil dari legenda Putri Mandalika yang menerjunkan dirinya ke laut dan dipercaya menjadi cacing laut yang disebut nyale. Di sini jugalah digelar upacara Bau Nyale setiap Februari atau Maret di mana masyarakat berlomba-lomba menangkap nyale.

  • Air Terjun Benang Kelambu

Terletak sekitar 32 kilometer dari Mataram, untuk tiba di air terjun perlu berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer. Dinamai benang kelambu karena air terjun ini memiliki enam deret air yang tercurah dari celah-celah di sepanjang tebing, sehingga tampak seperti kelambu. Air Terjun Benang Kelambu tidak memiliki kolam sehingga pengunjung hanya bisa berbasah-basah di bawah kucuran air.

  • Pantai Mawun

Pantai Mawun berbentuk tapal kuda dan dikelilingi perbukitan yang warnanya berubah-ubah menyesuaikan musim, yaitu hijau di musim hujan dan kecokelatan di musim kemarau. Datang di musim apa pun, asalkan hari cerah, Pantai Mawun tetap menawan. Selain bermain di atas pasir sehalus tepung, pantai ini juga menyediakan kolam renang alami untuk berenang tanpa khawatir terseret ombak karena airnya yang tenang, selain dangkal berdasar pasir. Meski diapit dua pantai, yaitu Pantai Mandalika dan Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun cenderung lebih sepi, padahal fasilitas tersedia di sini cukup lengkap.

  • Pantai Selong Belanak

Berhadapan dengan Samudra Hindia dan memiliki garis pantai seperti bulan sabit, sisi selatannya merupakan pemukiman nelayan dengan deretan kapal yang dapat disewa, sementara sisi utara merupakan spot favorit pengunjung untuk berjemur dan berenang. Di sekitar sini banyak terdapat warung yang menjajakan sate ikan.

  • Tanjung Beloam

Terletak di Desa Sekaroh, Kabupaten Lombok Timur, Tanjung Beloam terletak berdekatan dengan Pantai Tangsi dan Tanjung Ringgit. Bila berangkat dari Mataram, perjalanannya membutuhkan sekitar 2,5 jam, sehingga disarankan berangkat sepagi mungkin agar dapat puas menghabiskan waktu di sini. Bila berniat menginap, disarankan memilih Jeeva Beloam Beach Camp yang memiliki akses jalan lebih bagus, selain resornya sendiri memang menghadap Tanjung Beloam yang indah. Merupakan wilayah konservasi penyu, bila ingin mendapatkan foto terbaik, pergilah ke arah batu karang besar yang bentuknya mirip jembatan. Ombak di pantai ini tergolong cukup besar, sehingga disarankan bersantai saja di pantai.

  • Tanjung Ringgit

Karena lokasinya cukup jauh, tak banyak orang yang tahu keberadaan tempat ini. Alamnya pun masih perawan dengan pantai yang dikelilingi hutan, sementara perairannya yang berwarna pirus. Objek foto paling menarik adalah tebing yang terpotong seperti jurang dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Bila ingin menikmati matahari terbit, pengunjung harus mendirikan tenda di sekitar mercusuar karena penginapan terdekat terletak satu jam dari situ.

  • Gili Kondo, Gili Kapal, Gili Bidara, dan Gili Petagan

Walau tak sepopuler Gili Air-Meno-Trawangan, deretan pulau di Lombok Timur ini tak kalah menawan dengan hamparan pasir putih dan perairan yang jernih. Kunjungan ke sini tak lengkap tanpa menuju Gili Kapal, sebuah pulau pasir yang sering timbul tenggelam termakan ombak dengan terumbu karang yang sehat. Sementara Gili Bidara terkenal dengan pemukiman warga yang ramah pengunjung, Gili Petagan populer dengan hutan bakaunya dan kini menjadi salah satu daya tarik wisata di Lombok Timur.

  • Gunung Rinjani

Puncaknya dipercaya sebagai tempat bertahtanya ratu jin bernama Dewi Anjani, gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini merupakan salah satu favorit para pendaki karena keindahannya. Di sebelah barat Rinjani juga terdapat Danau Segara Anak yang juga merupakan sumber air untuk air terjun Sendang Gile yang sangat indah. Rinjani dapat didaki melalui Sembalun Lawang (1.156 meter) di sebelah timur dan Senaru (600 meter) di sebelah utara, dengan saat terbaik untuk mendakinya adalah April hingga Oktober.

  • Desa Sade

Desa adat di Lombok Tengah ini adalah tempat terbaik untuk mengenal budaya Sasak sekaligus mengenal arsitektur lumbung. Terbuat dari bambu dengan atap alang-alang kering, bangunan ini menyejukkan di siang hari dan hangat di malam hari. Rumah-rumah di sini dibersihkan dengan kotoran kerbau yang dicampur air untuk mengusir serangga dan menangkal serangan magis yang ditujukan kepada penghuni rumah.

Akses: Maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Lombok adalah Garuda Indonesia, Batik Air, dan Citilink.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here