Destinasi Akhir Tahun yang Paling Diperbincangkan di Media Sosial

Tahun 2018 akan segera berakhir dan karena dua tanggal merah yang berdekatan, maka masyarakat Indonesia biasanya memanfaatkannya untuk berwisata. Lagipula momen pergantian tahun akan lebih berkesan bila dilewatkan bersama keluarga dan orang terdekat di berbagai tempat impian atau favorit. Hal ini pun kemudian tak luput jadi bahan perbincangan di media sosial.

Pemantauan media sosial oleh perusahaan media intelligence Isentia menemukan total 2.322 buzz terkait liburan akhir tahun, di mana hampir setengah dari perbincangan tersebut, yaitu sebesar 48%, berlangsung di Twitter, Instagram (37 persen), Facebook (12 persen), serta berbagai blog dan forum (3 persen).

“Dari pemantauan ini, kami menemukan bahwa ternyata warga net sudah mulai memperbincangkan seputar liburan akhir tahun sejak bulan Juli,” ungkap Insight Manager Isentia Indonesia, Rendy Ezra.

Hal ini karena tercatat volume buzz tertinggi terjadi pada 7 Desember, di mana berbagai merek mulai mempromosikan program khusus menyambut Natal dan akhir tahun. Dari sekian program yang promosinya beredar di media sosial, Bank Mandiri menjadi brand yang paling banyak disebut, yaitu sebesar 7,1 persen, berkat kolaborasinya dengan berbagai merek ternama lain, seperti Garuda Indonesia, Wacoal, dan Tumi.

Untuk destinasi liburan domestik, Bali tetap menjadi pilihan terbanyak yang diperbincangkan warga net, yaitu 52,5 persen dari total buzz, disusul Bandung sebanyak 12,2 persen, Lombok 8,9 persen, Yogyakarta 7,4 persen, dan Lampung 2,7 persen. Sementara untuk lima destinasi internasional yang paling diperbincangkan, Singapura berada pada urutan n teratas dengan jumlah 108 buzz, disusul Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Korea Selatan, masing-masing sebanyak 64 buzz, 59 buzz, 53 buzz, dan 51 buzz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here