Apakah Anda Akan ke Sini untuk Pergantian Tahun?

Kalau lah ada perayaan lintas budaya dan agama yang dirayakan oleh masyarakat dunia, malam pergantian tahun adalah jawabannya. Sepuluh kota besar dunia ini merayakan saat-saat 31 Desember beranjak ke 1 Januari dengan cara masing-masing yang tak kalah seru. Apakah Anda juga akan ada berada di salah satu dari kota berikut di penghujung tahun ini?

1. New York City

Setidaknya satu milyar pasang mata akan tertuju ke Times Square pada 31 Desember. Tepatnya untuk menunggu bola berkilauan ikonik yang dijatuhkan ke kerumunan massa di bawahnya yang sedang berpesta di kawasan paling ramai di New York tersebut. Konser-konser musisi terkenal pun akan menemani para pengunjung yang telah mengerumuni Times Square sejak pagi, sementara yang kurang suka berdesakan dengan massa, dapat memilih menikmati malam pergantian tahun dari berbagai rooftop bar di kota ini sambil menikmati ledakan kembang api di sejumlah tempat.

2. Hong Kong

Langit malam Hong Kong akan lebih gemerlap dari biasanya setiap malam pergantian tahun, menjelang tahun baru China, dan hari besar nasional. Pusat untuk menikmati pertunjukan kembang api adalah Victoria Harbour, walau sebenarnya juga dapat dinikmati dari berbagai sudut di kota ini. Sepanjang malam, jalan-jalan utama id Hong Kong akan menggelar pesta dan pada pukul 23:00 yang adalah jam terakhir sebelum tahun baru, kembang api akan diluncurkan setiap 15 menit, sebelum tepat pada pukul 00:00 barulah diluncurkan versi yang lebih gemerlap dan meriah sehingga langit seterang di siang hari. Jika ingin melihat pertunjukan kembang api ini, pilihlah spot di sekitar pelabuhan. Disarankan juga untuk memilih akomodasi di sekitar pelabuhan agar dapat berjalan kaki kembali ke hotel karena taksi dan transportasi umum tidak beroperasi akibat kerumunan massa yang memenuhi jalan-jalan.

3. Sydney

Bila dihitung-hitung jumlah pengunjung yang berkerumun di Times Square, New York tak sebanyak di Sydney Harbour. Hal ini karena pertunjukan kembang api di Sydney lebih atraktif. Kembang api diluncurkan dari Opera House, Harbour Bridge, dan gedung-gedung di sekitarnya. Durasi kembang api berpendaran di udara pun sengaja dibuat selama 12 menit, di mana hal ini melambangkan bulan-bulan dalam setahun.  Itu semua ditambah sejumlah 1.100 kembang api yang berbentuk mirip lilin dan akan dilarung di perairan di sekitar Harbour Bridge, selain ledakan kembang api pun juga akan muncul dari jembatan sehingga wajah Sydney selama 12 menit yang memukau akan penuh warna.

5. Tokyo – Yokohama

Jika mencari pertunjukan kembang api dan pesat sepanjang malam, Yokohama di pinggiran Tokyo adalah tempatnya. Sebagai kota pelabuhan pertama yang membuka diri bagi perdagangan asing, westernisasi memang terlihat di berbagai aspek kehidupan di sini. Tak terkecuali pesta pergantian tahun yang dirayakan dengan meriah di jalan-jalan, landmark kota, hingga hotel, restoran, dan bar di seantero kota. Sebaliknya, jika berada di Tokyo, nikmati suasana unik tahun baru dengan berkunjung ke salah satu kuil yang akan membunyikan bel tepat pada 00:00 sebanyak 108 kali sebagai simbol untuk menghapus 108 godaan duniawi  sehingga seseorang dapat memasuki tahun baru dengan jiwa yang bersih. Disarankan sudah tiba di kuil sebelum pukul 22:00.

6. London

Greenwich Mean Time (GMT) adalah standar yang digunakan untuk penetapan zona waktu di dunia yang berlokasi di London, sehingga waktu yang ditunjukkan Big Ben sangatlah ikonik untuk menunjukkan pergantian tahun. Kembang api di sepanjang Sungai Thames adalah atraksi yang tiketnya telah ditawarkan sejak September. Untuk mengontrol jumlah pengunjung, London memberlakukan sistem tiket bagi yang ingin berkerumun di spot terbaik di sekitar Thames untuk menyaksikan kembang api. Walau harus membayar tiket, namun pemerintah kota memberlakukan transportasi gratis dari 23:45 hingga 04:30 bagi mereka yang memiliki karcis atraksi kembang api ini. Dengan begitu, pengunjung dapat menghemat ongkos taksi, selain tak perlu berebut taksi dengan ribuan orang lain.

7. Dubai

Malam tahun baru adalah saat yang tepat untuk mengagumi berbagai bangunan buatan manusia yang megah di Dubai. Pendaran kembang api akan tampak di seantero kota dan dapat dinikmati dari berbagai tempat umum, terutama di puncak pencakar langit, seperti Burj Khalifa yang menggelar pesta meriah di lantai 122-nya. Dubai pernah memegang rekor kota yang menggelar pertunjukan kembang api terbesar di dunia pada 2013 sebelum pada 2016 rekor tersebut berpindah ke tangan Filipina. Karena kota ini selalu tertantang memecahkan rekor, dunia selalu menunggu kejutan-kejutan lain yang akan dihadirkan Dubai di tahun-tahun mendatang.

8. Berlin

Merupakan kota pesta berkat keberadaan beragam klub malamnya yang seru, kemampuan Berlin untuk mengadakan pesta tahun baru yang meriah tak perlu diragukan lagi. Antara Between Brandenburg Gate dan Victory Column, ratusan ribu penyuka pesta akan memadati salah satu gelaran pesta jalanan terbesar di Eropa yang berlangsung lebih dari 12 jam. Gerbang-gerbang ke venue akan dibuka sejak siang hari dan diawali dengan konser-konser ala festival, pesta kembang api tepat tengah malam, dan kemudian pesta berlanjut hingga pukul 03:00.

9. Athena

Bila menginginkan pemandangan kembang api dengan latar unik, di kota inilah pilihannya. Di puncak Acropolis, menjelang malam pergantian tahun, Parthenon menggelar rangkaian konser yang dilanjutkan dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler. Hotel-hotel yang memiliki area rooftop pun berlomba-lomba menyediakan tempat bagi para tamunya untuk berpesta sambil menantikan ledakan kembang api tepat pada tengah malam.

10. Venesia

Kota ini selalu penuh turis dan terutama menjelang tahun baru, jumlah turis pun berlipat kali lebih banyak, sehingga kanal-kanal kadang macet dan harga akomodasi melonjak. Walau begitu, tak ada yang mengingkari pesona Venesia untuk berlibur romantis dengan pasangan. Walau tidak pernah bereputasi sebagai destinasi untuk berpesta, namun menjelang malam pergantian tahun, alun-alun St Mark membuat pengecualian dengan menggelar beragam konser dan pertunjukan kembang api yang meriah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here