Atraksi Wisata Keluarga Terbaru di Thailand

0
884

Karena kemudahan akses, Thailand bukan tempat yang asing lagi masyarakat Indonesia. Bila berniat berkunjung kemari bersama keluarga, berikut adalah beberapa atraksi wisata terbarunya yang ramah anak.

Himmapan Avatar, Bangkok

Pertunjukan Himmapan Avatar yang berdurasi 75 menit ini mengisahkan mitos Thailand dengan cara unik, yakni memadukan efek spesial, akrobatik, serta desain panggung dan kostum yang indah. Tak hanya itu, pertunjukan ini juga menggunakan 3D Mapping untuk menciptakan ilusi optik dan menambah dimensi pada objek-objek tertentu, sehingga menciptakan pengalaman audiovisual yang multidimensi pula. Pertunjukan ini tersedia dalam bahasa Inggris tiap Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Minggu pukul 19:30 di teater Himmapan Avatar, lantai 4 Show DC, dengan tiket Deluxe 1.400 baht, VIP 1.700 baht, dan Gold 2.000 baht. Anak-anak usia di bawah 4 tahun atau tinggi di bawah 90 sentimeter dapat masuk gratis bila duduk bersama salah satu orangtua mereka.

The Marvel Experience Thailand, Bangkok

Menempati area seluas 10.000 meter persegi, theme park bertema Marvel yang baru beroperasi akhir Juni 2018 ini berada di Mega Bangna Shopping Mall, atau 30 menit berkendara dari pusat kota Bangkok. Petualangan seru di The Marvel Experience Thailand ini bakal dimulai saat memasuki dua zona pertamanya, yakni Jocasta Introduction dan TMX LIVE: News Report, di mana pengunjung “direkrut” untuk menjadi agen S.H.I.E.L.D demi menumpas tiga penjahat HYDRA, yakni Red Skull, M.O.D.O.K., dan Madame Hydra, yang menyerang Mega Bangna. Setelah itu, mereka akan melalui beberapa zona lainnya, seperti Stark Mobile Lab untuk melihat berbagai kostum dan produk berteknologi canggih buatan Tony Stark (Iron Man), 4D Motion Ride yang mengajak pengunjung bertualang bersama para tokoh Marvel, dan Secret Meet & Greet untuk berfoto bersama superhero favorit mereka. Jangan lewatkan juga The Marvel Experience Super Store yang menjual produk unik seperti Infinity Gauntlet-nya Thanos, tameng Captain America, atau bahkan celana Muay Thai bergambar Marvel.

Jam operasional: 09:00-22:00. Tiket masuk 1.500 bath (dewasa), 1.350 baht (anak-anak). Akses: naik BTS ke Udom Suk Station, lalu naik shuttle bus gratis ke Mega Bangna.

KAAN Show, Pattaya

Terinspirasi oleh sejumlah literatur terkenal Thailand, termasuk Prince Apai Mani dan Krai Thong, pertunjukan berdurasi 75 menit ini mengisahkan seorang pemuda bernama Kaan yang secara magis masuk ke dalam sebuah buku. Penonton kemudian dapat menyaksikan petualangan Kaan bersama sahabatnya, makhluk mitologis Gabilpuksa yang berwujud setengah burung setengah monyet, yang berjumpa dengan sejumlah karakter dalam literatur kuno dan perjuangannya untuk kembali ke dunia nyata. Memadukan efek spesial dan teknologi kelas dunia, KAAN Show tersedia tiap Selasa hingga Minggu pukul 19:30 dengan harga tiket mulai 2.500 baht (hingga 31 Agustus, tersedia diskon 30 persen dengan harga tiket mulai 1.750 baht).

Kafe Bertema Unik

Seian mencicipi sejumlah restoran ternama di Thailand, seperti Somboon Seafood, Raan Jay Fai (327 Mahachai Road, Samranras Subdistrict, Phra Nakon District, Bangkok), dan Je Ngor, ajak juga si kecil ke kafe-kafe bertema unik. Di Big Dog Cafe, pengunjung dapat berkenalan dengan beberapa jenis anjing besar, seperti Alaskan Malamute dan Chow Chow, dan bila beruntung, melihat mereka asyik bermain di kolam renang. Kafe ini juga sangat peduli terhadap kebersihan, sehingga pastikan untuk reservasi sesuai sesi berkunjungnya (pukul 09:30-11:30, 12:00-14:00, 14:30-16:30, 17:00-19:00, dan 19:30-21:30) dan datanglah 30 menit sebelumnya agar dapat makan terlebih dahulu sebelum anjing-anjing tersebut dilepas.

Bagi penggemar putri duyung, pergilah ke Mermaid Castle Cafe (238 Siam Square Soi 2) yang tak hanya menawarkan menu Afternoon Tea, lengkap dengan cupcakes ber-topping sirip putri duyung, cookies berbentuk kerang, cake berwarna pastel, dan satu set peralatan teh Mrs. Potts and Chip dari Beauty and the Beast, namun juga kesempatan berfoto dengan latar dan properti putri duyung serta berkunjung ke tokonya yang menjual berbagai pernak-pernik bertema putri duyung. Untuk menuju kafe ini pun mudah, cukup dengan naik BTS ke Siam Station, keluar lewat Exit 2, lalu berjalan kaki 3 menit dari sana.

Baru pertama kali ke Thailand? Jangan lewatkan juga beberapa atraksi keluarga lainnya berikut ini. 

Madame Tussauds Bangkok

Berlokasi di lantai enam Siam Discovery, inilah tempat untuk berpose bersama para tokoh ternama dan selebriti dunia dalam bentuk patung-patung lilin yang dibuat secara detail. Pengunjung dapat berfoto dengan Justin Bieber, Lady Gaga, Michael Jackson, Madonna, Johnny Depp hingga Albert Einstein dan Pablo Picasso. Patung lilin selebriti Asia pun turut menghiasi museum, sebut saja Nichkhun dan Jay Chou.

Jam operasional: 10:00-21:00. Tiket masuk mulai 990 baht dan dapatkan diskon bila membeli online di madametussauds.comAkses: dari stasiun BTS Siam (Central), keluar melalui Exit 1.

Siam Niramit

Memadukan makan malam prasmanan dengan hidangan autentik Thailand serta pertunjukan berkelas dunia, Siam Niramit menampilkan lebih dari 150 pemain dalam balutan kostum mewah di panggung yang menggunakan efek spesial canggih sehingga membuatnya terlihat nyata. Babak pertama mengisahkan bagaimana Siam menjadi tempat bertemunya berbagai peradaban, yang dilanjutkan dengan bagaimana karma mengikat warga Thailand, sebelum kemudian diakhiri dengan dampak upacara religius terhadap kehidupan masyarakat Thailand. Pengunjung juga dapat melihat replika desa-desa di Thailand dan membeli kerajinan tangan khas yang dijual di sini. Digelar setiap hari mulai pukul 20:00 selama 80 menit, tiketnya mulai 1.500 baht per orang.

Akses: dari stasiun MRT Thailand Cutural Centre, keluar Exit 1 dan berjalan kaki sekitar 10-20 menit atau naik shuttle bus gratis setiap 15 menit mulai pukul 18:00 hingga 20:00.

Ripley’s Believe It or Not!

Berlokasi di Royal Garden Plaza, museum ini terbagi dalam sepuluh galeri yang terinspirasi dari buku Believe It or Not! karya Robert Leroy Ripley. Lebih dari 300 objek pameran di dalamnya akan membuat pengunjungnya terkejut, atau bahkan terkagum-kagum, selain juga meragukan yang mereka lihat. Mulai dari alat-alat penyiksaan primitif, patung lilin seorang pria bermata empat, topeng yang terbuat dari kulit manusia, hingga kepala manusia asli yang mengkerut. Tak hanya fokus pada fakta-fakta aneh, museum ini juga menampilkan beragam penemuan yang timbul dari keingintahuan, seperti Titanic yang terbuat dari lebih satu juta batang korek api dan Jaguar 1937 yang sebenarnya sebuah perahu motor.

Akses: dari Pattaya Beach Road, bisa naik songthaew atau berjalan kaki dari hotel jika menginap di sekitar Pattaya Beach, jam operasional: 11:00-21:00, tiket  mulai 600 baht.

Cartoon Network Amazone

Saluran kartun favorit anak-anak Cartoon Network telah membuka waterpark pertamanya di dunia yang berlokasi di Pattaya dengan 30 wahana air berkelas dunia. Taman hiburan ini juga memiliki pertunjukan live Cartoon Network, serta berbagai atraksi menantang dan permainan air interaktif yang menyenangkan yang terbagi dalam 10 zona. Omniverse Zone memiliki roller coaster air tercepat di dunia. Cartoonival Zone menawarkan pengalaman berjumpa dengan Ben 10, Chowder, Powerpuff Girls, dan tokoh favorit Cartoon Network lainnya. Taman bermain air internasional pertama di Thailand ini terletak di Bangsaray, sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota, dan buka setiap hari pukul 10:00 hingga 18:00.

Swiss Sheep Farm

Swiss Sheep Farm di Kao Yai, Cha-Am mengajak para pengunjungnya untuk menikmati suasana tanah pertanian di sebuah lembah sehingga merupakan atraksi hiburan yang menyenangkan bagi keluarga. Tersedia kincir angin hingga bangunan mirip lumbung, lengkap dengan tumpukan jerami di sanasini dan Volkswagen Beetle yang terparkir di depannya, pengunjung dapat memberi makan domba dan menunggang kuda poni seharga mulai 20 baht.

Jam operasional: 09:00-19:00. Akses: bila berkendara dari arah Bangkok, Swiss Sheep Farm berada di sebelah kiri jalan dari Phetkasem Road (Highway 4 kilometer 201), yaitu sekitar 500 meter sebelum persimpangan arah Cha-Am. 

Santorini Park Cha-am

Tempat perbelanjaan dan taman rekreasi keluarga yang terletak sekitar 20 kilometer di utara Hua Hin ini dibuat persis seperti suasana Pulau Santorini, Yunani, dengan dominasi bangunan berwarna putih dan biru terang, serta sejumlah fitur dan atraksi bertema air, seperti air terjun, air mancur, dan water balls. Karena banyak spot menarik di sini, pastikan untuk membawa kamera. Terbagi ke dalam Park Zone, Village Zone, dan Weekend Art Market, tiket masuknya seharga 150 baht.

Akses: Bila berkendara dari Bangkok, Santorini Park berada di sisi kanan jalan sebelum persimpangan tempat Anda akan berbelok kiri untuk mencapai Cha-Am. Anda tak akan melewatkan kincir ria raksasa ataupun bangunan putih yang khas di Santorini Park.

Songkran

Bersenang-senang adalah bagian penting dalam budaya masyarakat Thailand dan pantaslah bila April sebagai bulan terpanas dalam setahun dimanfaatkan untuk bermain air dalam perayaan Songkran atau tahun baru masyarakat Thai. Siram-menyiram air ini bukannya tanpa makna, namun merupakan simbol untuk mengenyahkan berbagai hal buruk di tahun sebelumnya agar di tahun yang baru dapat mulai dalam keadaan “bersih” lagi. Secara tradisional, masyarakat Thai akan menyiramkan secara perlahan semangkuk air kepada anggota keluarga dan teman dekat maupun tetangga. Kini mangkuk air itu telah digantikan dengan ember, selang, dan bahkan pistol air, sehingga turis pun dapat ikut merayakan hari penting dalam budaya Thailand tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here