La Tomatina, Dari Protes ke Pesta

0
351

Setiap Rabu terakhir di bulan Agustus (tahun ini jatuh pada 29 Agustus), puluhan ribu orang dari seluruh dunia meramaikan festival perang makanan terbesar di dunia ini, di mana lebih dari 100.000 kilogram tomat matang dilemparkan di jalanan dalam La Tomatina. Perang tomat ini sendiri sudah berlangsung di Buñol, Provinsi Valencia, sejak 1944, namun tak ada yang tahu persis asal-usulnya. Ada teori yang menyebutkan kalau festival ini berasal dari perang makanan antarteman, namun ada pula yang mengatakan kalau pesta ini dimulai ketika warga melakukan aksi protes politik dengan melemparkan tomat dan tradisi ini pun berlanjut hingga sekarang, meski alasannya kini lebih untuk hiburan. Perang tomat ini biasanya dimulai pukul 11:00, yaitu ketika meriam air ditembakkan dan warga berlomba-lomba mengambil tomat dari deretan truk yang berjajar di Plaza del Pueblo. Satu jam kemudian, perang berakhir, dan truk pemadam kebakaran bakal berkeliling kota untuk membersihkan jalanan yang sudah merah dan licin oleh tomat.

Akses

Turkish Airlines (turkishairlines.com) melayani penerbangan dari Jakarta ke Valencia via Istanbul. Dari Valencia, Buñol yang terletak 38 kilometer dapat diakses dengan naik bus atau kereta.

Akomodasi

Karena jumlah akomodasi yang terbatas di Buñol, disarankan untuk menginap di Valencia: SH Valencia Palace Hotel (sh-hoteles.com), The Westin Valencia (starwoodhotels.com), Meliá Plaza (melia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here