Di 10 Negara Ini, Dana Liburan Anda Bisa Bertahan Lama!

0
1282

Travelex baru-baru ini merilis daftar tujuan di mana uang senilai £500 akan bertahan paling lama. Meskipun ditujukan untuk pelancong Inggris, daftar ini juga masih relevan digunakan sebagai pedoman dengan perkiraan uang yang dimiliki saat ini sekitar Rp 8,5 juta.

Daftar ini dibuat berdasarkan pengeluaran setiap harinya selama di negara tujuan, yang meliputi makan tiga kali di restoran, minum empat kaleng soda dan dua kaleng bir, serta dua perjalanan menggunakan kendaraan umum. Perhitungannya memang tidak termasuk biaya akomodasi, namun umumnya negara-negara dengan biaya per hari yang rendah juga menawarkan biaya penginapan yang rendah pula.

10. Portugal, 17 hari

Selama beberapa tahun, Portugal telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu destinasi di Eropa Barat dengan biaya liburan yang terjangkau. Selain mudah diakses dengan  maskapai penerbangan bertarif rendah, Portugal pun menawarkan pemandangan yang indah, berbagai macam akomodasi, museum dan situs sejarah, masakan yang luar biasa lezat, dan anggur kelas dunia.

9. Afrika Selatan, 18 hari

Atraksi wisata di negara yang luas ini beragam, dari satwa liar yang terkenal hingga kehidupan malam, dari Cape Town yang kosmopolitan ke pantai-pantainya yang sepi, dan dari hamparan luas padang pasir ke rimbunnya hutan. Di sini jugalah ada dua kereta mewah paling terkenal di dunia, yakni Blue Train dan Rovos Rail. Sayangnya, penerbangan ke sini tak hanya panjang, namun juga biasanya mahal.

8. Turki, 22 hari

Entah itu Istanbul yang multikultural, deretan pantai berpasir di Turkish Riviera, kolam air mineral mengepul di Pamukkale, atau reruntuhan Romawi dari 200 SM, Turki memiliki berbagai atraksi untuk segala minat. Turkish Airlines pun sering memberikan harga promo untuk tiket penerbangan nonstop ke Istanbul dari Jakarta.

7 & 6. Polandia dan Hungaria, 22 hari

Dua kota yang sering dikunjungi di Polandia, yakni Warsawa dan Krakow, sama-sama menawarkan kota tua yang berlatar sejarah Perang Dunia II dan Perang Dingin dengan bangunan berarsitektur kuno di berbagai sudutnya. Sementara sebagian besar pengunjung Hungaria menuju Budapest yang sarat budaya dan sejarah, selain juga menawarkan kuliner lezat dan pemandangan yang memukau.

5 & 4. Republik Ceko dan Bulgaria, 23 hari

Sama halnya dengan Polandia dan Hungaria, Republik Ceko dan Bulgaria menawarkan perpaduan unik antara sejarah dan budaya, panorama menawan, dan gemerlapnya kehidupan malam. Praha belakangan ini juga menempati posisi puncak dalam daftar destinasi terpopuler di Eropa untuk pelancong bujet rendah.

3. Jamaika, 25 hari

Dibandingkan tempat-tempat lain pada daftar ini, Jamaika menawarkan atraksi yang lebih sedikit – namun tak ada yang mengalahkan kehidupan pantai dan malamnya. Jamaika juga punya banyak atraksi menarik, seperti Bob Marley Museum yang merupakan bekas rumah musisi asal Jamaika tersebut, Hope Botanical Gardens yang merupakan rumah bagi berbagai tanaman asli Jamaika dan sebuah kebun binatang, Green Grotto Caves yang merupakan lokasi syuting film James Bond “Live and Let Die”, dan Dolphin Cove Jamaica di mana pengunjung dapat berinteraksi dan berenang bersama lumba-lumba.

2. Meksiko, 26 hari

Entah ingin mengunjungi pantai atau melihat peninggalan peradaban pra-Columbus, Meksiko punya semuanya. Yang menyukai sejarah dan budaya dapat menuju Mexico City yang berdiri di atas reruntuhan ibu kota Aztex dan menawarkan sejumlah museum kelas dunia, sementara yang ingin menikmati liburan musim semi dapat menuju Cancun dengan pantai indah dan iklimnya yang sempurna, selain juga merupakan gerbang menuju reruntuhan Chichen Itza dan Tulum.

1. Thailand, 44 hari

Dengan jumlah uang yang sama, Anda bisa bertahan hampir dua kali lebih lama di Thailand ketimbang di Meksiko. Seperti beberapa negara dalam daftar ini, pengunjung dapat menikmati paduan kota kosmopolitan, deretan pantainya yang cantik atau pegunungan dengan ragam budaya yang unik, serta berbagai makanan yang bakal memuaskan selera sang pemilih sekalipun. Meskipun Travelex tidak memasukkan harga akomodasi ke dalam perhitungan, namun tarif hotel di Bangkok jauh lebih murah ketimbang kota-kota lainnya di Asia, seperti Singapura atau Hong Kong. Aksesnya pun mudah bagi pejalan Indonesia, dengan penerbangan langsung yang tersedia setiap harinya.

Negara-negara Termahal

Jadi, di negara mana saja dana senilai Rp 8,5 juta tersebut dapat menguap dengan cepat? Di urutan pertama ada Swiss dan Norwegia, dengan £500 hanya untuk bertahan enam hari. Sementara di peringkat berikutnya kebanyakan didominasi oleh negara-negara dari Eropa Barat, seperti Prancis dan Belanda, selain juga ada Australia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here