Mengeksplor Boracay

0
298

Dikelilingi pantai berpasir putih dengan perairan jernih yang nyaris tanpa ombak, banyak yang mengaku ke pulau mungil di selatan Filipina ini karena pemandangan matahari terbenamnya yang konon merupakan salah satu yang terindah di dunia. Selagi menunggu senja pun banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti scuba diving, snorkeling, jet ski, dan island hopping.

VISIT

Beach Hopping

Selain White Beach, Boracay memiliki 12 pantai berpasir putih yang terentang sejauh tujuh kilometer dengan keistimewaan masing-masing. Walau beberapa merupakan pantai pribadi karena berada di kawasan resor, namun turis tetap dapat menikmatinya dengan membayar tiket masuk. Pantai Bulabog memiliki angin yang kondusi untuk bermain kiteboarding, parasailing, dan windsurfing, sedangkan Pantai Tambisaan memiliki hamparan koral yang dapat dinikmati dengan snorkeling. Pantai Diniwid yang hanya sepanjang 200 meter dan tak jauh dari Station One dihiasi tebing karang yang membuatnya fotojenik, selain di sini pulalah terdapat tempat hangout populer bernama Spider House.

Puncak Gunung Luho

Gunung di sisi barat pulau ini merupakan titik tertinggi di Boracay. Untuk menuju puncaknya yang dilengkapi dek observasi, tersedia tricycle dari pusat kota atau dapat menyewa ATV seharga mulai 800 peso, yang dilanjutkan dengan menaiki tangga kayu dan membayar uang masuk sebesar 120 peso per orang. Puncak Gunung Luho menyajikan pemandangan aerial pulau-pulau di sekitar Boracay, yang diapit Pantai Bulabog, Pantai Ilig-iligan, dan Pantai Lapuz-lapuz. Saat terbaik ke sini adalah di pagi atau sore hari, ketika sudah tidak terlalu panas sehingga cahaya pun lebih baik untuk memotret.

DO 

Perjalanan Satu Hari ke Ariel’s Point

Ariel’s Point adalah salah satu lokasi untuk terjun dari tebing (cliff diving) terbaik di dunia. Namun tak hanya untuk menikmati serunya loncat dari tebing ke laut dari ketinggian antara tiga hingga satu meter, namun wisatawan juga dapat menikmati aneka kegiatan, seperti kayaking, paddleboarding, snorkeling, hingga berbelanja gelang etnik buatan setempat sebagai suvenir. Paket perjalanan satu hari ini juga termasuk makan siang ala barbekyu prasmanan serta berbagai minuman, selain para tamu juga dihibur oleh berbagai musik yang dimainkan disc jockey.

Menyelam di Crocodile Rock

Boracay juga merupakan destinasi selam andalan di Filipina. Setiap hari para operator yang tersebar di pulau ini rata-rata menawarkan tiga kali jadwal penyelaman ke berbagai situs yang berbeda dengan jadwal yang tertera di papan pengumuman dan siapa pun yang tertarik dapat mendaftarkan diri sebelum jam yang dijadwalkan. Salah satu situs penyelaman terbaik adalah Crocodile Rock. Situs yang namanya diambil dari bentuk karangnya yang menyerupai buaya ini dihuni anemone yang bersimbiosis kawanan ikan badut, nudibranch warna-warni, lionfish, dan pufferfish. Bila tak membawa perlengkapan sendiri, berbagai operator selam di sini pun menyediakan peralatan untuk disewa.

Berenang dalam Gua

Berjarak 15 menit naik kapal dari Crocodile Rock terdapat Crystal Cove yang merupakan pulau karang dengan dua buah gua yang menarik karena di dalamnya terdapat kolam yang dapat direnangi. Karena untuk menuju kolam tersebut harus melewati karang yang licin dan curam, selain hantaman ombak yang percikannya juga masuk ke dalam gua, pengunjung harus melepaskan alas kaki dan mengenakan pelampung untuk alasan keselamatan. Lagipula, menapak di karang yang licin akan lebih mudah tanpa alas kaki. Kondisi kedua gua kurang lebih sama, yaitu sekitar 15 menit naik kapal.

Bak Putri Duyung

Boracay menawarkan layanan unik berupa berenang atau snorkeling dengan berpakaian bak putri duyung menggunakan monofin yang sebelumnya memerlukan pelatihan khusus dari operator yang terdaftar dalam International Mermaid Swimming Instructors Association (IMSIA). Salah satu operator yang direkomendasikan adalah Fisheye di White Beach. Terdapat beberapa tingkatan, yaitu dari level pengenalan, kelas pertunjukan, hingga pelatihan untuk dapat menjadi seorang instruktur, tentu saja, sebelum ke laut, seseorang harus dinyatakan mahir berenang dengan monofin terlebih dahulu, yang dibuktikan dengan lulus tes di kolam renang.

EAT

Sirena

Berada di puncak tebing yang menghadirkan pemandangan laut dan matahari terbenam, Sirena merupakan restoran ternama di Shangri La’s Boracay Resort & Spa. Dengan ruangan yang didominasi kayu, restoran ini menawarkan aneka hidangan laut yang dipadukan dengan koleksi anggur yang impresif. Jangan lewatkan kerang yang direbus dalam anggur putih untuk menu pembuka, sebelum menjatuhkan pilihan pada aneka steik. (Shangri-La’s Boracay Resort & Spa, buka setiap hari pukul 18:00 hingga23:00)

Dos Mestizos

Restoran ini menawarkan menu-menu autentik Spanyol terbaik di Boracay, seperti ensalada, tapas, hingga paella, yang diolah menggunakan bahan-bahan segar terbaik setempat. Dengan restoran yang sengaja dirancang menyerupai tipikal restoran-restoran di Spanyol dengan dinding yang dipenuhi foto dan beberapa lemari di sudutnya untuk menyimpan botol wine, suasananya yang santai membuat siapa pun betah bersantap di sini. (Remedios Street, Sitio Manggayad, buka setiap hari mulai pukul 11:00 hingga 23:00)

Indigo Restaurant

Terdiri dari area indoor bernuansa biru putih yang mengingatkan akan suasana bawah laut dan area outdoor di tepi pantai yang dinaungi pohon kelapa, hidangan utama yang difavoritkan pengunjung adalah Indigo Beef Rossini atau steik Wagyu dengan irisan foie gras di atasnya, yang disajikan bersama kentang tumbuk yang lembut. Sedangkan Bacon Chowder dan salad pakis merupakan hidangan pembuka yang populer, dan Chocolate Marquise banyak dipilih untuk hidangan penutup. (Discovery Shores Boracay, Station One, buka setiap hari pukul 07:00 hingga 22:00).

STAY

Henann Lagoon Resort

Terletak di jantung Boracay, atau hanya tiga menit berjalan kaki ke White Beach, meski terletak di tengah keramaian, hotel ini menawarkan ketenangan. Semua kamarnya ditata dengan gaya minimalis modern dan sengaja dibuat kedap terhadap kebisingan dari luar, serta dilengkapi balkon pribadi yang menghadap ke kolam renang berbentuk laguna seluas 1.200 meter persegi. Hidangan internasional.

Shangri-La’s Boracay Resort & Spa

Terpencil di atas bukit yang menawarkan pemandangan pantai pribadi sepanjang 350 meter, semua kamarnya memiliki balkon luas. Seperti jaringan Shangri-la lainnya, hotel ini pun menawarkan beragam perawatan spa, termasuk perawatan di bilik di tepi pantai, di CHI, The Spa.

Fairways and Bluewater Newcoast Boracay

Memiliki pantai pribadi berpasir putih, selain kamarkamar nyaman berdesain elegan, Fairways and Bluewater Newcoast Boracay juga menawarkan lapangan golf 18 lubang, lima kolam renang, serta tujuh pilihan restoran dan bar. Aktivitas lain yang dapat dilakukan di resor ramah lingkungan ini, antara lain menikmati relaksasi di Maris Spa, menikmati keindahan alam dengan flying fox, dan berkuda. Hotel ini juga menyediakan penjemputan gratis dari/ke D’Mall sampai pukul 22:00.

Waktu Terbaik

Waktu terbaik mengunjungi Boracay adalah November hingga Mei, ketika angin tidak terlalu kencang, sehingga perairan pun cenderung tenang dan nyaman untuk perjalanan menuju pulau maupun saat bermain di pantai

Akses

Dari Jakarta menuju Manila dengan Philippine Airlines, kemudian naik pesawat domestik yang juga dioperasikan oleh maskapai yang sama ke Kalibo. Beri jarak sekitar empat jam dari jadwal mendarat di Manila untuk mengantisipasi keterlambatan. Dari Kalibo, perjalanan belum berakhir karena masih dilanjutkan jalan darat menuju Caticlan Jetty Port, kemudian menyeberang naik perahu selama 20 menit ke Boracay, tergantung kawasan tempat menginap yang terbagi dalam lima Station.

Transportasi

Selain berjalan kaki, pilihan transportasi yang tersedia adalah tricycle yang mirip becak motor dan sistemnya mirip angkot di Indonesia dengan harga sewa yang dapat ditawar. Untuk berkeliling pulau tersedia bancas atau sampan tradisional Filipina yang bentuknya mirip jukung, selain terdapat pula perahu motor modern. Tidak sulit menemukan operator transportasi dan biasanya terdapat di Station Two, tak jauh dari White Beach dan D’Mall.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here