Sebelum Belanja di Luar Negeri, Perhatikan Hal Berikut!

0
779

Pejalan Indonesia terkenal hobi belanja, selain juga memiliki tradisi membawa oleh-oleh bagi keluarga maupun kerabat setiap bepergian. Berikut yang perlu diperhatikan sebelum berbelanja di luar negeri.

  • Membawa Dolar

Selain mempersiapkan mata uang negara tujuan, ada baiknya bila membawa dolar AS sebagai cadangan. Beberapa negara juga menerima mata uang tersebut untuk transaksi jual beli. Kalaupun kehabisan mata uang lokal, dolar AS mudah ditukar di money changer.

  • Kartu Kredit Cadangan

Bila memilih kartu kredit sebagai alat pembayaran saat berbelanja, bawa minimal dua kartu kredit dari bank yang berbeda sebagai cadangan jika transaksi ditolak atau melebihi batas kredit.

  • Informasikan Pihak Bank

Menggunakan kartu kredit di luar negeri terkadang memicu pencegahan terhadap penipuan yang mengakibatkan kartu kredit otomatis diblokir untuk sementara oleh bank. Oleh karena itu, jangan lupa memberitahukan rencana perjalanan Anda kepada bank penerbit kartu kredit agar tetap dapat bertransaksi di luar negeri.

  • Bawa Selalu paspor

Beberapa gerai belanja akan meminta untuk menunjukkan paspor sebagai bukti bukan warga negara setempat dan menikmati penghapusan pajak.

  • Waspada Bawaan

Simpan barang berharga yang tak terlihat pencopet, seperti di dalam kaos kaki, saku celana berisleting, atau bagian dalam jaket. Jangan meletakkan paspor, kartu ATM, dan surat berharga lain dalam satu tempat. Selain itu, letakkan tas pada bagian depan tubuh agar mudah terlihat dan hindari mengundang perhatian dengan menggunakan tas mahal atau meletakkan ponsel dan uang di saku celana yang longgar.

  • Membuat Daftar Belanjaan

Untuk mengendalikan nafsu berbelanja, buatlah daftar barang yang ingin dibeli. Lakukan juga survey harga barang sejenis di Indonesia, jangan sampai membeli barang yang ternyata lebih murah di Indonesia.

  • Pastikan Sesuai

Jika membeli sepatu dan pakaian, coba dulu sebelum membeli agar tidak membuang-buang uang untuk barang-barang yang tidak terpakai.

  • Ketahui Musim Diskon

Biasanya setelah musim dingin lewat, winter coat dan berbagai pakaian hangat lainnya didiskon besarbesaran. Begitu pula sebaliknya, saat mendekati musim dingin, berbagai baju renang dan busana musim panas dijual murah.

  • Fisik dan Waktu

Siapkan fisik untuk keluar masuk mal, pasar, toko, dan gerai demi mendapatkan harga terendah. Luangkan waktu setidaknya satu hari khusus untuk berbelanja saja agar tidak terburu-buru dan dapat mencoba serta memeriksa dengan teliti barang yang akan dibeli.

  • Bea masuk

Pajak bea masuk diberlakukan di Indonesia jika membeli dan membawa barang senilai lebih dari 250 dolar Amerika Serikat dalam keadaan lengkap dengan kemasan, label harga, dan berada di dalam koper. Pajak bea masuk tidak diberlakukan bila barang tanpa kemasan dan label harga, misalnya memasukkan kamera di tas tangan, sedangkan kemasannya disimpan di dalam koper.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here