Sudahkah Anda ke Sini Saat di Bangkok?

0
868

Didukung banyak pilihan jadwal pesawat dalam berbagai kelas harga, akomodasi pun murah dan pilihan makanan melimpah, serta banyaknya barang unik dengan harga terjangkau untuk oleh-oleh dan festival-festival unik yang tak ada duanya di dunia, itu semua cukup untuk memasukkan Bangkok dan sekitarnya ke dalam agenda tahunan perjalanan. Berikut hal-hal unik yang dapat dilakukan di Bangkok.

Siriraj Medical Museum

Meski merupakan salah satu museum paling menarik di Thailand, namun tempat ini bukan tempat yang cocok bagi yang gampang mual melihat hal-hal mengerikan atau menjijikkan. Berlokasi di rumah sakit dan sekolah medis tertua di Thailand, Siriraj Medical Museum terdiri dari enam bagian, yaitu museum patologi, museum forensik, museum sejarah kedokteran Thailand, museum parasitologi, museum anatomi, dan museum prasejarah. Koleksi museum-museum ini antara lain tulang manusia, organ tubuh dan janin abnormal yang diawetkan, mumi seorang pembunuh berantai, cacing parasit, skrotum selebar satu meter dari seorang penderita kaki gajah, ular dan tarantula berbisa, deretan tengkorak, dan tulang dari pendiri museum. Di salah satu sudut bangunan terdapat Mug Café yang cocok untuk menikmati secangkir cappuccino sembari menyegarkan pikiran setelah mengeksplor museum yang penuh dengan korban pembunuhan dan bayi yang sudah tidak bernyawa. Buka setiap hari kecuali Selasa mulai pukul 10:00 hingga 17:00, tiket masuknya seharga 200 baht.

Akses: Dari stasiun BTS Saphan Taksin (S6), naik kapal Chao Phraya Express Boat ke Wang Lang (Siriraj) Pier (N10). Alternatif lainnya adalah naik taksi dari stasiun BTS Sala Daeng (S2).

Jim Thompson House

Merupakan bekas rumah James H.W. Thompson, seorang pengusaha asal Amerika Serikat pendiri perusahaan Jim Thompson Thai Silk, kini kompleks bangunan yang terdiri enam rumah tradisional bergaya Thailand tersebut dijadikan museum. Menampilkan berbagai koleksi pribadi Jim Thompson semasa hidupnya, pengunjung dapat mengagumi mural kuno yang mengisahkan perjalanan spiritual Buddha hingga meja makan unik dari dua meja mahyong dengan set peralatan makan dari porselen berwarna biruputih yang tertata di atasnya. Museum ini juga dilengkapi toko yang menjual berbagai produk dari merek Jim Thompson serta restoran yang menyajikan hidangan Thailand,selain museum sutra plus demonstrasi pembuatan sutra Thailand. Buka pukul 09:00 hingga 17:00, tiket masuk dewasa 100 baht dan anak-anak 50 baht.

Akses: Dari stasiun BTS National Stadium (W1), keluar Exit 1, kemudian belok kanan menuju Soi Kasemsan 2 hingga ujung jalan, museum akan terletak di sisi kiri jalan.

Bangkok Corrections Museum

Bertempat di tiga bangunan yang tersisa dari penjara dengan keamanan maksimum yang dibangun pada 1890, museum unik dan menyeramkan ini cocok bagi mereka yang menyukai hal yang ekstrem. Di museum inilah pengunjung dapat melihat sejarah sekaligus kehidupan di penjara Thailand di masa lalu. Terdapat berbagai alat untuk menyiksa narapidana, seperti bola rotan seukuran manusia dengan beberapa paku ditancapkan ke bagian dalam bola. Tahanan akan dipaksa masuk ke dalamnya, kemudian bola ditendang oleh seekor gajah sehingga tubuh tahanan akan tergores paku-paku yang ada. Itu semua masih ditambah foto-foto penyiksaan penjaga penjara terhadap para narapidana, misalnya menembak kerongkongan, menghukum cambuk, hingga memenggal kepala dengan pedang. Museum ini tidak mengenakan tiket masuk, namun pengunjung diharapkan memberikan donasi sukarela untuk perawatan gedung.

Akses: Terletak di Mahachai Road atau di ujung barat Chinatown, museum ini bisa ditempuh dengan naik bus nomor 1, 25, dan 53. Alternatif lainnya adalah naik tuk-tuk atau taksi dari Grand Palace. Katakan pada sang supir ingin menuju “kook kao” atau kata dalam bahasa Thailand yang berarti penjara tua.

Menonton Muay Thai

Muay Thai adalah seni bela diri tradisional Thailand yang telah mendunia, seiring dengan semakin banyaknya pusat kebugaran yang menawarkan program ini bagi para anggotanya. Muay Thai memang efektif untuk menjaga kebugaran karena gerakannya melibatkan delapan anggota tubuh. Mengedepankan kelihaian dan kekuatan kaki, lengan, kepalan tangan, dan lutut, walau bertubuh mungil namun petarung Muay Thai sangatlah kokoh. Pertarungan Muay Thai sendiri terdiri dari lima ronde yang masing-masing berlangsung selama tiga menit. Bila ingin menontonnya langsung, langkahkan kaki ke Stadion Lumpini dan Ratchadamnoen pada hari kerja, serta Stadion Channel 7 setiap Sabtu. Sedangkan bila berniat mencoba Muay Thai di negara asalnya, datanglah ke beberapa training camp terbaik di Bangkok, seperti 13 Coins, Bangkok Fight Club, Fairtex Bangplee, Fighting Spirit Gym. Harga kelas berkisar 300-500 baht per sesi (sekitar dua jam).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here