Tip Bepergian dengan Manula

Ingin mengajak orangtua yang umurnya sudah lanjut berlibur? Tentunya hal ini akan disambut dengan gembira. Namun sebelumnya, pastikan Anda mengetahui hal-hal berikut ini agar perjalanan bersama mereka tetap nyaman.

  • Cari Negara Ramah Manula

Cari tahu negara-negara yang ramah manula, di mana hal ini dapat tercermin dari fasilitas lift dan akses kursi roda di berbagai tempat umum, serta ketersediaan potongan harga bagi manula untuk berbagai fasilitas atau tiket tempat-tempat wisata. Italia, misalnya, memiliki Carta d’Argento yang memberikan diskon bagi manula (60 tahun ke atas) untuk naik jaringan kereta di seluruh Italia seharga sekitar 30 euro dan gratis bagi yang berusia 75 tahun ke atas. Spanyol juga memiliki Tarjeta Dorada yang berfungsi serupa, namun dengan harga lebih murah, yaitu sekitar 5 euro. Taman-taman nasional di Kanada memberikan potongan harga 25 persen bagi 65 tahun ke atas. Di berbagai tempat wisata di Australia pun penjaga tiketnya kerap menanyakan umur kepada para pengunjung untuk memastikan para manula menikmati beragam potongan harga.

  • Hindari Jadwal yang Terlalu Ambisius

Berada di tempat yang belum pernah dikunjungi tentu akan tergoda untuk mengunjungi semua atraksi yang ditawarkan. Namun ingatlah, energi manula sudah tidak seperti ketika mereka masih muda, selain bepergian ala acara Amazing Racedengan mengunjungi sembilan negara dalam tujuh hari tentu tak akan memberikan pengalaman berkesan karena setiap tempat akan dikunjungi secara terburu-buru. Selain itu, jadwal perjalanan yang ambisius juga mengharuskan mereka untuk berpindah tempat dan mengepak barang setiap hari yang justru akan memicu stres. Bila merencanakan aktivitas bagi para manula, yang paling tepat adalah mengikuti tur setengah hari, di mana setengah harinya lagi dapat membiarkan mereka bersantai di kamar hotel atau sekadar membaca buku di kedai kopi atau tepi kolam renang.

  • Selalu Beli Asuransi Perjalanan

Pastikan asuransi perjalanan yang dibeli akan menutup biaya pengobatan dan rumah sakit di negara tujuan bila dibutuhkan.

  • Jalan Darat dengan Menyetir Sendiri

Beberapa destinasi memang menyenangkan untuk dijelajahi dengan menyewa mobil lepas kunci karena menawarkan kebebasan untuk berhenti di mana pun yang diinginkan. Bila suatu tempat dapat lebih cepat ditempuh naik pesawat domestik atau kereta, selalu pertimbangkan opsi tersebut. Namun kalau pun sudah mantap dengan opsi menyetir sendiri, rencanakan rute secara cermat dengan mempertimbangkan letak berbagai fasilitas, terutama akomodasi selama perjalanan, dan usahakan tidak duduk di dalam mobil dalam waktu lama. Setiap beberapa jam, berhentilah untuk menghirup udara segar, mengakses toilet, atau sekadar melihat-lihat suvenir atau kudapan di toko yang berada di pom bensin. Pilih operator rental mobil terpercaya dan periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat roadtrip. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here