Naga Bike Park, Jalur Off-road Favorit di Tangerang

Foto: Instagram @nicoavia

Sedang mencari jalur off-road di sekitar Tangerang yang tak jauh dari keramaian kota, namun punya medan yang lumayan menantang? Kamu bisa menjajal Jalur Naga Bike Park.

Jalur yang terletak di Jalan Taman Pasir, Binong ini sudah tak asing lagi buat pesepeda yang tinggal di kawasan Lippo Karawaci. Dari Gading Serpong pun mudah dijangkau, hanya sekitar 6,5 km jauhnya, sehingga bisa menjadi alternatif buat penyuka off-road.

Foto: Instagram @nicoavia.art

Sesuai namanya, jalur yang cukup panjang ini memiliki rute yang meliuk-liuk layaknya naga. Ada beberapa obstacle di sepanjang rute tersebut, termasuk berm dan tabletop. Dengan kombinasi tikungan tajam dan gundukan, dibutuhkan teknik dan kemampuan bersepeda yang andal untuk menaklukkan trek ini.

Buat pemula, kamu tak perlu khawatir, karena banyak pula yang datang kemari untuk menguji kemampuannya melintasi jalur tersebut. Tak jarang, orangtua mengajak anaknya kemari untuk mengembangkan kemampuan bersepeda mereka di jalan bertanah. Medan yang dipilih tentunya yang lebih lebar dan aman untuk si kecil.

Foto: Instagram @widhypur

Jenis sepeda gunung yang cocok digunakan untuk melibas rute ini adalah Cross Country (XC) dan All Mountain (AM). Jangan lupa kenakan peralatan pelindung agar tetap aman saat bersepeda, seperti helm, sarung tangan, bantalan lutut, dan bantalan siku.

Setibanya di lokasi, jangan langsung adu cepat melintasi rute tersebut. Pelajari dulu obstacle yang ada dengan kecepatan rendah. Hal ini penting, terutama buat pemula agar bisa berhati-hati saat melewati medan yang curam.

Foto: Instagram @nicoavia

Selagi bersepeda, kamu tak hanya dimanjakan dengan berbagai obstacle yang ada di jalur tersebut, namun juga bisa sekalian menikmati pemandangan rerumputan hijau yang tinggi maupun hamparan ilalang. Karena jalurnya terbuka dan tak banyak melewati pepohonan, disarankan datang kemari saat pagi atau sore hari ketika cuaca tidak terlalu terik.

Jalur Naga Bike Park terbuka untuk umum, dan bisa diakses kapan saja secara gratis. Untuk mencapainya, bisa masuk lewat gerbang Universitas Tarumanagara di utara Lemo Hotel Serpong. Dari situ, susuri jalan melewati kawasan perumahan Lippo Karawaci, hingga tiba di Jalur Naga Bike Park di sisi kiri jalan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here