5 Restoran Berbintang Michelin di Asia dengan Harga Ekonomis

Saat membayangkan restoran berbintang Michelin, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Restoran mewah bertaplak putih? Pelayan berdasi rapi? Harga makanan yang membuat kantong kering? Ternyata, tidak semua restoran Michelin memiliki tampilan mewah yang seakan dibuat khusus untuk kaum elite. Banyak di antaranya yang menjual makanan lezat dengan harga ekonomis, seperti tempat-tempat berikut ini.

  1. Liao Fan Hawker Chan

Liao Fan Hawker Chan di Singapura merupakan restoran berbintang Michelin dengan harga makanan termurah. Rumah makan bergaya street-food Asia ini menyajikan hidangan babi panggang dan ayam soya dengan paduan mi, kwetiau, dan nasi hainan. Sajian unggulannya, Soya Sauce Chicken Noodle dijual dengan harga lima dolar Singapura (sekitar Rp55.000), sementara Soya Sauce Chicken Rice dijual dengan harga enam dolar Singapura (setara Rp66.000). Harga yang ekonomis untuk restoran berbintang Michelin. Liao Fan Hawker Chan dapat ditemukan di Chinatown Complex Market & Food Centre, 335 Smith Street #02-126.

  1. Tim Ho Wan

Restoran dim sum berbintang Michelin di Hong Kong ini sudah punya 46 cabang di seluruh dunia. Tetapi untuk mencicipi rasa autentiknya, Anda dapat berkunjung ke Hong Kong, tepatnya di Olympian City 2, 18 Hoi Ting Road, Tai Kok Tsui.

Di lokasi inilah Tim Ho Wan pertama berdiri dan berjaya dengan 20 lebih menu dim sum. Harga satu porsi dim sum mulai Rp60.000. Jika tidak sempat ke sini, Anda bisa juga mengunjungi dua cabang restoran yang juga diberi penghargaan bintang Michelin. Dua cabang ini ada di Sham Shui Po dan North Point.

  1. Hamo

Begitu masuk ke restoran Hamo di Seoul, Korea, Anda akan disambut dengan dekorasi modern bergaya Jinju. Hamo menyajikan berbagai makanan tradisional Jinju, seperti bibimbap dengan daging sapi berbumbu dan campuran kimchi.

Rasanya tetap autentik dan tradisional meski telah dianugerahi bintang Michelin. Menu makan a la carte dibanderol dengan harga 8.000 won (sekitar Rp100.000) per porsi. Jika tertarik datang ke Hamo, kunjungi 2F, 819 Eonju-ro, Sinsa-dong, Gangnam-gu, Seoul.

  1. Raan Jay Fai

Restoran di 327 Maha Chai Rd, Samran Rat, Phra Nakhon, Bangkok ini tampak sederhana dengan ruangan yang tidak terlalu luas. Namun, restoran sederhana ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Hidangan unggulannya berupa khai jeaw poo (omelet kepiting) dan poo phad phong karee (kepiting tumis kari) berhasil membuat Raan Jay Fai mendapatkan bintang Michelin. Satu porsi makanan di sini dijual dengam harga 400 baht atau sekitar Rp190.000.

  1. Ginza Ibuki

Meski berada di salah satu daerah termahal di Tokyo, Ginza Ibuki menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau. Restoran ini memiliki spesialisasi pada menu kaiseki yang merupakan set makanan multi-menu tradisional Jepang.

Satu set kaiseki dibanderol mulai 1.300 yen atau Rp190.000. Bintang dari menu ini adalah ikan bonito bakar dari Shikoku dan garam ichiban dari Kepulauan Goto. Restoran Ginza Ibuki berada di Chuo City, Ginza, 2 Chome−14−6.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here