Solo Jadi Tuan Rumah L’Etape Indonesia 2024 September Mendatang

L’Etape Indonesia 2024, acara balap sepeda nasional untuk amatir yang merupakan lisensi dari L’Etape du Tour by Tour de France, akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 28 hingga 29 September 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan acara ini, yang diharapkan dapat memperkuat pengembangan sport tourism di Indonesia.

“L’Etape ini bukan pertama kali diadakan, sudah beberapa kali (sejak 2022) dan ini terhubung dengan Tour de France,” kata Sandiaga dalam ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’ di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada awal Juli lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Reza Puspo, Project Director L’Etape Indonesia 2024, mengungkapkan bahwa acara ini akan menawarkan empat kategori, yakni long ride 120 kilometer, medium ride 80 kilometer, short ride 50 kilometer, dan fun ride dengan jarak kurang lebih 10 sampai 15 kilometer.

Reza Puspo menambahkan bahwa para peserta akan merasakan pengalaman bersepeda yang aman dan menyenangkan. “Para peserta akan dibagi ke dalam beberapa peleton yang disesuaikan dengan rata-rata kecepatan para peserta. Di tiap peleton juga akan terdapat marshall, race captain, juga voorijder,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa pengalaman bersepeda akan menyajikan pemandangan dari Karanganyar yang dikenal sebagai kota seribu air terjun, serta Sukoharjo, daerah yang menyuguhkan banyak persawahan.

Target L’Etape Indonesia 2024 adalah menarik pesepeda dari berbagai negara, terutama di Asia Tenggara. Reza Puspo juga menginformasikan bahwa selama tiga hari dua malam, akan digelar festival musik dan makanan. “Food festivalnya akan diikuti 100 tenda UMKM dan kurang lebih 26 ribu target yang berpartisipasi di acara ini,” tambah Reza.

Tabitha Sumendap, Founder Woman Cycling Community, yang juga merupakan peserta dari edisi sebelumnya, mengungkapkan pengalaman berkesannya dalam mengikuti L’Etape Indonesia. “Pengalaman (mengikuti L’Etape Indonesia) sangat berkesan. Saat dilaksanakan di Lombok apalagi, kita bisa gowes di dalam sirkuit Mandalika. Selain itu kita juga bisa sambil berwisata dan berwisata kuliner tentunya,” ujarnya.

Fransiskus Handoko, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, menambahkan bahwa Kemenparekraf/Baparekraf memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan L’Etape Indonesia 2024, terutama dari sisi publikasi dan promosi. “Tentu kami sangat mengapresiasi karena ini merupakan event yang ditunggu-tunggu. Mudah-mudahan event ini bisa membangkitkan lagi event-event sejenis di daerah lain sehingga dapat menambah perputaran ekonomi, pemanfaatan bagi masyarakat setempat,” kata Frans.

Dengan dukungan dari berbagai pihak dan persiapan yang matang, L’Etape Indonesia 2024 di Solo diharapkan akan menjadi salah satu acara balap sepeda terbesar dan paling berkesan di tahun ini. Para peserta bisa menantikan pengalaman bersepeda yang tidak hanya menantang, tetapi juga kaya akan keindahan alam dan budaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here