Gowes Santai ke Pantai Pulau Merah, Spot Mengejar Sunset di Banyuwangi

Sedang mencari pengalaman liburan yang unik di Banyuwangi? Cobalah menikmati lanskap alamnya dengan bersepeda. Tergantung pilihan, kamu bisa menyusuri hutannya yang rimbun ataupun deretan pantainya di sisi selatan.

Bila yang terakhir menjadi opsi pilihanmu, kamu bakal dimanjakan dengan pantai-pantai cantik yang ada di Banyuwangi. Tinggal menentukan rute yang tepat dan sesuai kemampuan fisikmu, kamu bisa memulai gowes dengan sepeda kesayangan.

Untuk menutup kegiatan gowesmu, kamu bisa mengejar matahari terbenam di Pantai Pulau Merah. Pantai satu ini memang terkenal dengan panoramanya yang menawan, terutama saat senja ketika langitnya tampak kemerahan.

Dinamakan Pulau Merah karena bukit kecil di seberang pantai ini memiliki tanah merah, walau warnanya tak begitu jelas karena tertutup rimbunnya tanaman. Saat air surut, bukit tersebut dapat dikunjungi dengan berjalan kaki.

Foto: Dok. Yukbanyuwangi

Favorit Peselancar

Selain identik dengan bukit kecil dekat bibir pantai, pantai yang dulunya dikenal dengan sebutan Ringin Pintu ini punya perairan dengan tipikal ombak yang dahsyat. Tak heran bila sejumlah peselancar kerap datang kemari untuk menaklukkan ombaknya.

Terletak sekitar 70 km dari pusat kota Banyuwangi, pantai ini dapat kamu akses dengan menyusuri Jalan Nasional III. Karena cukup jauh, tak sedikit yang memilih untuk menginap di selatan Banyuwangi ketimbang melakukan perjalan dua arah dalam sehari.

Buat kamu yang senang bike camping, Pantai Pulau Merah ini juga bisa menjadi lokasi berkemahmu. Tinggal membawa perlengkapan yang kamu butuhkan, kamu bisa mendirikan tenda di area camping ground yang tersedia di sini.

Kalau lapar, tak perlu khawatir karena di sini banyak tempat makan yang menjajakan kudapan hingga makanan khas Banyuwangi, seperti rujak soto, pecel rawon, dan banyak lagi.

Sorenya, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang mengesankan, dengan siluet Pulau Merah di seberang pantai yang menambah efek dramatis. Sembari duduk-duduk di dalam tenda, kamu dapat menikmati keindahan pemandangan ini hingga senja tenggelam dan langit berganti malam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here