Warna-warni Porselen Karya Bibiana Lee di Pameran ‘I Am China’

Foto: Dok. bibiana-art.com

Mulai pertengahan Desember 2022 lalu, Gedung Sarinah Lantai 6 menjadi tempat berlangsungnya artina.sarinah, program lanjutan dari Distrik Seni X Sarinah. Edisi pertamanya mengusung tema wastu/loka/kala untuk memproyeksikan ranah kreativitas yang menembus kekakuan batas-batas ‘wujud’ (wastu), ‘ruang’ (loka), dan ‘waktu’ (kala).

Sejumlah seniman lintas generasi dan lintas disiplin turut berpartisipasi dengan mempersembahkan karya-karya terbaiknya. Salah satunya adalah Bibiana Lee dengan pamerannya yang bertajuk ‘I am China’.

Foto: Dok. bibiana-art.com

Tajuk tersebut berkaitan dengan latar belakangnya sebagai seorang warga negara Indonesia keturunan Cina, yang membuatnya mengalami dua masalah identitas sekaligus, yakni keperempuan maupun kelompok minoritas.

Kegelisahannya ini ia ungkapkan lewat karya pecah belah berbahan dasar porselen. Menurutnya, kerapuhan porselen sesuai untuk menggambarkan warga keturunan sebagai kaum minoritas di Indonesia yang masih rentan menjadi sasaran kekerasan.

Foto: Dok. bibiana-art.com

Ia menggunakan warna-warna cerah yang identik dengan benda-benda keramik porselen dalam budaya Peranakan, seperti kuning dan merah muda. Tak hanya itu, ia juga menyematkan motif-motif floral maupun gambar makhluk mitologis, termasuk bunga peony dan burung phoenix.

Tersisip pula sejumlah teks, baik berupa istilah, frasa, dan nama-nama yang menarasikan sejarah warga keturunan Cina di Indonesia, untuk memperkuat wacana politik identitas. Ada yang ditampilkan secara tegas sebagai tulisan, sementara yang lain disamarkan sebagai hiasan dalam piring, sehingga sulit terbaca.

Foto: Dok. bibiana-art.com

Menampilkan benda-benda yang cantik dan dekoratif untuk menyodorkan problematika yang sensitif dan rumit, lewat karyanya ini Bibiana ingin menyampaikan ironi sekaligus kritis terhadap stereotipe sosial budaya yang digunakan secara sewenang-wenang untuk kepentingan kelompok tertentu.

Pameran ‘I am China’ dapat kamu nikmati di Gedung Sarinah Lantai 6 hingga 19 Februari 2023. Jam berkunjung dari pukul 10:00 hingga 21:00, sementara tiket masuknya Rp50 ribu per orang. Untuk reservasi, klik tautan di bio akun Instagram @artina_sarinah atau kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here