Melihat Keindahan Indonesia lewat Pameran Lukis Cat Air di Galeri Nasional

Foto: Instagram @00bysovn

Galeri Nasional Indonesia bersama International Watercolor Society (IWS) Indonesia kembali menggelar pameran seni lukis cat air yang bertajuk International Watercolor Exhibition.

Di penyelenggaraannya yang keempat, pameran ini mengusung tema Wonderful Indonesia untuk memperlihatkan keindahan Nusantara lewat goresan cat air.

Foto: Instagram @audreykath

Sebanyak 176 karya lukis cat air tampil dalam pameran ini, yang merupakan hasil olah kreatif dari 176 peserta yang berasal dari 31 negara. Karya-karya tersebut telah melalui hasil seleksi ketat dari International Watercolor Competition 2022 yang berlangsung pada 1 Juni hingga 1 September lalu.

Pustanto selaku Kepala Galeri Nasional Indonesia mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya 4th International Watercolor Exhibition oleh International Watercolor Society. Ke depannya, pihaknya berharap kegiatan ini dapat terus hadir secara konsisten dan menjangkau khalayak luas.

Foto: Instagram @ymehanna

Sementara itu, Efix Mulyadi selaku kurator pameran menyampaikan tema Wonderful Indonesia berhasil membuat para peserta menunjukkan identitasnya masing-masing dengan mengungkapkan pesona Nusantara lewat karakter yang berbeda-beda dalam karya-karya mereka.

“Ada yang mengangkat objek-objek khas seperti pura, wayang, hewan endemik, dan Borobudur,” ujarnya. Menurutnya, masing-masing karya tersebut memiliki pengungkapan yang berbeda, sehingga membuat keseluruhan karya yang terpilih sangatlah ‘kaya’.

Foto: Instagram @wel.cometomaworld

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa acara kali ini merupakan spesial karena ada kategori khusus anak-anak Indonesia. “Keterlibatan mereka niscaya akan menumbuhkan generasi baru pelukis cat air yang lebih tangguh,” imbuhnya.

Penikmat seni yang ingin mengapresiasi karya-karya tersebut dapat langsung mengunjungi Gedung B dan D Galeri Nasional mulai pukul 10:00 hingga 19:00. Adapun pameran ini berlangsung hingga 20 Desember mendatang. Untuk registrasi, kunjungi laman ini atau klik tautan pada akun bio Instagram @galerinasional.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here