Trekking Seru ke Curug Tilu Leuwi Opat

Foto: Instagram @ntie.chan

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk melupakan sejenak rutinitas dan melakukan aktivitas yang seru di tengah alam. Sambil menghirup udara segar, sesuatu yang jarang ditemukan di kawasan perkotaan yang riuh, kamu bisa sekalian menikmati pemandangan alam yang masih asri dan memanjakan mata.

Salah satu lokasi yang bisa menjadi tempat pelarianmu sejenak selagi di Bandung adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota, hanya sekitar satu jam berkendara, tergantung kondisi lalu lintas.

Foto: Instagram @dinannurdiansyah

Jalurnya sama seperti ke Dusun Bambu Lembang, hanya saja nanti di pertigaan setelah Universitas Advent Indonesia (UNAI), kamu mesti berbelok ke kanan. Persis di samping belokan ini ada papan petunjuk bertuliskan Ciwangun Indah Camp.

Ikuti saja jalur tersebut sejauh sekitar satu km, hingga sampai di gerbang masuk menuju curug. Sebelum masuk, kamu akan dikenakan biaya Rp15 ribu per orang. Sementara biaya parkir kendaraannya adalah Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Foto: Instagram @aefrezky

Setelah itu, kamu bisa berjalan kaki menuju area curug. Ada beberapa curug yang bisa kamu kunjungi di sini dengan masing-masing memiliki ketinggian maupun debit air yang berbeda.

Curug Golosor dan Curug Putri yang terletak di sebelahnya adalah dua curug pertama yang akan kamu jumpai. Dari situ, kamu bisa berjalan lebih jauh menuju Curug Tilu yang memiliki dua undakan, atau bahkan ke Curug Aseupan yang berada di antara dua ngarai.

Foto: Instagram @giasfrhn_

Rute trekking menuju curug-curug tersebut sudah jelas, sehingga kamu tak perlu khawatir tersesat. Jalurnya yang menanjak membawa kamu menyusuri sungai dan menyeberangi jembatan yang terbuat dari kayu dan bambu.

Medannya sendiri didominasi bebatuan yang bisa sangat licin, bahkan di musim              man dan nyaman saat melangkah. Karena itu, kenakan sepatu atau sandal gunung yang antilicin biar aman dan nyaman saat melangkah.

Setibanya di curug, kamu bisa bermain air di tepiannya, atau bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Kalau membawa bekal, kamu bisa sekalian berpiknik, namun pastikan membawa pulang sampah sesudah bersantap ya.

Foto: Instagram @pulangsoreee

Selain berwisata ke curug-curugnya, kamu bisa menjajal beragam kegiatan outbound, seperti flying fox, high rope, dan masih banyak lagi. Kamu bahkan bisa menikmati body rafting di aliran sungainya. Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman, selain juga toilet yang cukup bersih.

Bila tertarik datang kemari, sebaiknya datang sedari pagi. Pasalnya, kabut kerap turun di sore hari. Selain itu, pastikan makanan yang kamu bawa tersimpan dengan baik di dalam tas agar aman dari monyet yang masih sering tampak berkeliaran di kawasan ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here