Kembara Biru, Instalasi Seni Baru di Museum MACAN

Foto: Dok. Museum MACAN

Akhir pekan ini, Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) akan menampilkan pameran seni terbarunya di Ruang Seni Anak.

Museum MACAN menunjuk Theresia Agustina Sitompul, perupa grafis asal Yogyakarta sekaligus pemenang Young Artist Award di ARTJOG 2013, untuk menghidupkan ruangan ini dan menyuguhkan instalasi bertajuk ‘Kembara Biru’ (atau ‘Traveling Blues’ dalam bahasa Inggris).

Karya ini merupakan refleksi sang perupa tentang pengalamannya saat berdiam diri di rumah selama masa pandemi. Sebagai seorang ibu, perupa, dan pendidik, ia memerhatikan aktivitas anak-anak yang terus-menerus menatap layar digital untuk belajar maupun bermain.

Foto: Dok. Museum MACAN

Ia kemudian membayangkan meja dapur dan ruang keluarga di rumah sebagai lapangan bermain yang luas, tempat seluruh anggota keluarga dapat bersenang-senang, belajar, dan bertumbuh bersama. Dari situlah Theresia terinspirasi untuk menciptakan ‘Kembara Biru’.

Sesuai namanya, ruang instalasinya menampilkan perpaduan warna biru dan putih untuk menggambarkan imajinasi anak-anak yang bagai langit tanpa batas. Tak lupa, Theresia mendekorasi ruangan tersebut dengan susunan lengan kemeja putih yang menyerupai awan pada langit-langit maupun grafis berbentuk awan pada dindingnya.

Foto: Dok. Museum MACAN

Ia berharap ruangan tersebut dapat menjadi tempat bagi pengunjung untuk berinteraksi secara langsung maupun berkreasi dengan memanfaatkan benda-benda yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah, seperti kertas, kancing, ataupun kain kasa. Kamu dibebaskan berkreasi dan bereksperimen dengan seni cetak karbon untuk menciptakan karya sebanyak mungkin.

Nantinya, karya tersebut dapat kamu bawa pulang atau menjadi bagian dari instalasi di museum. Cukup sisipkan karya tersebut dalam kantong pada formasi awan di dinding ruangan untuk memamerkan hasil kreasimu.

Foto: Dok. Museum MACAN

Menariknya, ‘Kembara Biru’ juga mendorong lebih banyak anak dan keluarga untuk turut berkarya, meski hanya di rumah saja, dengan tutorial dan lokakarya yang tersedia di kanal YouTube Museum MACAN. Theresia berharap dengan adanya serangkaian video panduan ini, semua orang dapat menciptakan karya seni yang bagus dari bahan-bahan sederhana, di mana pun mereka berada.

Pameran ‘Kembara Biru’ akan digelar mulai 9 April hingga 30 Oktober 2022. Untuk pemesanan tiket secara daring, kunjungi situs resmi atau mitra tiket Museum MACAN (Traveloka, Tiket.com, GoTix, dan Klook).

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here