Mengintip Koleksi Peta Antik di Bartele Gallery

Foto: Dok. Google Maps/Hari Rimawan

Sedang mencari tempat wisata di Jakarta untuk mengisi akhir pekan? Buat kamu para penyuka seni dan budaya, Jakarta menawarkan banyak museum dan galeri yang menarik untuk dikunjungi. Biar tak bosan datang ke tempat yang itu-itu saja, kamu bisa mengunjungi salah satunya yang masih terbilang hidden gem, bahkan di kalangan warga ibu kota.

Foto: Instagram @bartelegallery

Salah satunya adalah Bartele Gallery. Tak banyak yang mengetahui galeri ini, kecuali yang gemar mencari tempat-tempat unik ataupun yang sudah pernah mengitari fasilitas di Mandarin Oriental Jakarta. Pasalnya, galeri ini berlokasi di lantai dua dari hotel yang beralamatkan di Jalan M.H. Thamrin tersebut.

Foto: Dok. Google Maps/Hari Rimawan

Galeri ini sebenarnya merupakan sebuah toko yang menjual peta antik, foto-foto, dan barang-barang kuno lainnya yang berasal dari berbagai wilayah, termasuk Indonesia. Koleksinya luar biasa banyak, dan menurut situs resminya mencapai lebih dari 50.000 buah. Beberapa di antaranya bahkan ada yang berumur lebih dari 500 tahun.

Foto: Instagram @bartelegallery

Tak hanya untuk keperluan studi atau penelitian, koleksi di Bartele Gallery juga ideal sebagai suvenir unik atau investasi karya seni dekoratif dari Indonesia. Bahkan bila tak tertarik membelinya, kamu tetap bisa datang ke galeri ini untuk sekadar melihat-lihat koleksinya yang mengesankan.

Foto: Dok. Bartele Gallery

Sebut saja kromolitograf berjudul ‘Gezicht op den Berg Salak’ yang dibuat berdasarkan lukisan cat minyak karya Abraham Salm, seorang perupa Belanda yang tinggal dan bekerja di Indonesia selama 29 tahun. Kromolitograf yang sangat langka ini menampilkan prosesi pernikahan di lembah Salak.

Foto: Dok. Bartele Gallery

Ada pula peta hitam putih Batavia karya Jacob van Meurs yang dibuat tahun 1669. Peta ini menampilkan sketsa di bagian bawah yang menunjukkan pemandangan kota Jakarta dari lautan dengan Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Salak.

Foto: Dok. Bartele Gallery

Sementara peta antik Borneo karya Theodor de Bry yang berjudul ‘XIV/Beschreibung der Insel Borneo’ dibuat dengan detail-detail menawan dan warna yang indah. Salah satu peta paling awal dari Kalimantan tersebut  menggambarkan perahu-perahu warga lokal yang mengelilingi kapal milik Olivier van Noort, pedagang, bajak laut, dan orang Belanda pertama yang mengelilingi dunia.

Masih banyak lagi koleksi lainnya dari Bartele Gallery dengan kisah-kisah yang menarik di baliknya. Kunjungan kemari bisa menjadi cara sempurna untuk mengisi waktu di akhir pekan, dan staf galeri yang berpengetahuan luas siap membantu pengunjung untuk memberikan informasi tentang koleksi yang ada di dalam galeri. Bila tertarik, kamu bisa mengunjungi Bartele Gallery yang buka setiap harinya mulai pukul 11:00 hingga 20:00.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here