Menengok Pesona Bawah Laut Gili Labak, Madura

Beberapa dari kita mungkin mengenal Madura hanya lewat Jembatan Suramadu atau sebagai daerah penghasil garam saja. Namun siapa yang mengira kalau Kabupaten Sumenep di Madura juga menyimpan keindahan bawah laut yang tak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Kabupaten Sumenep memiliki banyak pulau, dan sekitar 40 persen pulau yang ada di Sumenep sudah berpenghuni. Sedangkan sisanya masih sangat asri karena belum didiami. Salah satu pulau berpenghuni tersebut adalah Gili Labak. Keindahan Gili Labak bisa disandingkan dengan gili-gili lainnya yang ada di Lombok. Bahkan saat ini Gili Labak sudah dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata bahari di Madura.

Foto: Instagram @gililabak.id

Termasuk dalam wilayah Desa Kombang, Kecamatan Talango, Gili Labak memiliki luas sekitar lima hektar dengan hamparan pantai pasir putih di sekelilingnya. Menyusuri bibir pantai mengelilingi pulau mungil ini dapat menjadi salah satu aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke sini.

Setelah puas berkeliling dan berfoto, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Gili Labak dengan snorkeling. Air lautnya yang cukup tenang dan jernih, berpadu dengan warna-warni terumbu karang serta biota laut yang hidup di dalamnya, sungguh akan memanjakan mata. Menjelang sore, kamu bisa bersantai di kursi atau gazebo yang sudah tersedia di pinggir pantai sambil menanti terbenamnya matahari di ufuk barat.

Foto: Instagram @canthikamira

Akomodasi di pulau ini memang masih terbilang cukup minim. Bila ingin bermalam di pulau, kamu bisa menginap di rumah-rumah warga yang menyediakan kamarnya untuk disewakan. Opsi lainnya, kamu bisa membawa peralatan camping dan mendirikan tenda di sekitar pantai untuk berkemah. Fasilitas seperti toilet umum dan beberapa warung sederhana sudah tersedia di pulau ini.

Gili Labak bisa dicapai menggunakan kapal dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep dengan durasi perjalanan sekitar 2,5 jam. Untuk memudahkan perjalanan, kamu bisa menyewa paket tur. Biasanya, fasilitas yang disertakan termasuk kapal untuk menyeberang maupun yang membawa ke spot-spot snorkeling, akomodasi, serta peralatan snorkeling.

Foto: Instagram @gililabak.id

Salah satu agen wisata yang menyediakan perjalanan ke Gili Labak adalah @gililabak.id. Biayanya terjangkau, kamu cukup membayar Rp85.000 per orang untuk paket perjalanan sehari atau Rp150.000 per orang untuk paket perjalanan dua hari satu malam dengan keberangkatan dari Pelabuhan Kalianget. Untuk info lebih jelas mengenai jadwal turnya, kamu bisa menghubungi WhatsApp 0852 5744 0689 atau mengikuti akun Instagram @gililabak.id.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here