Pencinta Downhill, Yuk Merapat ke Pusuk Bike Park

Bagi kamu penggemar kegiatan bersepeda lintas alam, cobalah trek gowes yang seru dan menantang di Pusuk Bike Park. Kawasan yang menawarkan arena petualangan bagi pesepeda gunung ini terletak di dalam Hutan Pusuk, tepatnya di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Dari pusat kota Mataram, jaraknya sekitar 80 kilometer, atau dapat ditempuh dengan 2,5 jam berkendara.

Lintasan sepeda di sini panjangnya 1,5 kilometer dengan melewati berbagai medan, mulai dari jalur tanah dengan vegetasi rapat di kedua sisinya, jembatan kayu dan bambu untuk menyeberangi sungai, hingga sejumlah drop off (turunan terjal) dan berm (kelokan) yang mengasah kemampuan jumping dan teknik berbelok pesepeda.

Foto: Instagram @irfan_hardiyanto

Bagi para pemula, kamu tak perlu khawatir menjajal gowes di sini. Pasalnya, Pusuk Bike Park telah menyediakan jalur tersendiri untuk pegowes pemula maupun profesional. Jalur untuk pegowes pemula tentu lebih banyak bidang datar, sementara jalur pegowes profesional akan melewati drop off hingga ketinggian dua meter. Jalur yang diresmikan pada 2018 ini bahkan sering menjadi arena latihan fisik, teknik, dan balancing para atlet downhill karena memiliki unsur obstacle yang dapat memacu adrenalin.

Menariknya, semua jalur ini dibuat melewati terasering yang mengitari Bukit Pusuk, sehingga pemandangannya dipastikan bakal luar biasa indah. Jalurnya sendiri dibangun dengan dicangkul tanpa mengganggu pepohonan dan mengubah kondisi hutan lindung, sehingga lingkungannya pun masih sangat asri.

Foto: Instagram @wndsanjaya

Bila tertarik gowes di sini, kamu dapat langsung datang membawa sepeda gunung jenis apa pun, baik All Mount (AM), Downhill (DH), dan Cross Country (XC). Masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya. Karena lokasinya dekat Taman Wisata Pusuk Sembalun, usai bersepeda kamu dapat sekalian menikmati panorama Lombok dari ketinggian di tempat tersebut.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here