Pendakian Gunung Rinjani Dibuka Kembali dengan Pembatasan Kuota dan Registrasi Daring

Sejak Sabtu kemarin, wisata pendakian Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat sudah dibuka kembali. Melalui laman resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), tertera Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem, Kementerian LHK telah menerbitkan surat edaran Nomor: S.660/KSDAE/PJLHK/KSA.3/7/2020 pada 29 Juli tentang Pembukaan Aktivitas Pendakian dan Peningkatan Kuota Kunjungan pada Reaktivasi Tahap I.

Pihak pengelola menjelaskan bahwa aktivitas pendakian Gunung Rinjani efektif dibuka kembali sejak 22 Agustus, dengan ketentuan pembatasan kuota sebesar 30 persen dari kapasitas normal. Ada empat jalur pendakian resmi yang dibuka, yaitu Jalur Sembalun (Lombok Timur), Jalur Senaru (Lombok Utara), Jalur Timbanuh (Lombok Timur), dan Jalur Aikberik (Lombok Tengah).

Bagi pejalan yang merencanakan pendakian ke Gunung Rinjani, tersedia paket mendaki dua hari satu malam, di mana pendaki wajib melakukan pemesanan tiket secara daring melalui aplikasi eRinjani yang tersedia di Google Play Store. Sebelum memasuki kawasan pendakian, pengunjung diminta menunjukkan QR Code tiket melalui aplikasi eRinjani atau dapat mencetak tiket yang dikirim via surel.

Mendaki di tengah pandemi, Balai TNGR selaku pengelola kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani menerapkan protokol keselamatan, yang berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan tiga Pemerintah Kabupaten, yakni Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, dan Lombok Tengah. Setiap pendaki wajib mengenakan masker selama berada di kawasan taman nasional, membawa hand sanitizer atau sabun pembersih tangan, kantong sampah, dan menjaga jarak aman minimal satu meter. Untuk detailnya, simak panduan naik gunung yang aman di era normal baru.

Bagi pendaki yang berasal dari luar Nusa Tenggara Barat, wajib menyertakan surat keterangan bebas Covid-19, sedangkan pengunjung yang berasal dari Pulau Lombok, hanya perlu menunjukkan surat keterangan bebas gejala influenza. TNGR melayani wisata pendakian setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 15:00 WITA untuk check-in dan pukul 07:00 hingga 17:00 WITA untuk check-out.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here