Ingin Bertualang ala Indiana Jones? Yuk Ikut Tur Virtual ke Makam Ramses VI!

Sebagai bagian dari kampanye “Experience Egypt from Home. Stay Home. Stay Safe”, pemerintah Mesir meluncurkan serangkaian tur virtual yang menarik, termasuk pengalaman menjelajah makam Firaun Ramses VI (KV9).

Makam tersebut, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1898, berasal dari Dinasti Twentieth, sekitar tahun 1189 hingga 1077 SM. Makam ini awalnya didirikan oleh Ramses V, meski hingga sekarang masih belum diketahui apakah ia juga turut dimakamkan di sana. Namun yang pasti, pembangunan makam tersebut kemudian diambil alih oleh pamannya, Ramses VI.

Gubuk-gubuk para pekerja yang membangun makam tersebut terletak di atas tangga yang mengarah ke makam Raja Tutankhamun. Dengan kata lain, berkat makam Ramses VI, makam Tutankhamun dapat ditemukan pada tahun 1922, lengkap dengan semua harta karun yang terkubur di dalamnya.

Melalui tur virtual, Anda dapat melihat sejumlah dekorasi, lukisan, dan tulisan yang menghiasi makam tersebut, yang semuanya masih terpelihara dengan baik. Salah satunya yang menarik adalah teks pemakaman untuk membantu perjalanan raja ke alam baka.

Anda juga dapat mengarahkan pandangan ke atas untuk melihat dekorasi langit-langit yang menakjubkan. Sebut saja lukisan yang dibuat untuk menghormati dewi langit Nut, yang konon menelan dewa matahari Ra setiap malam dan melahirkannya setiap pagi. Nut sendiri sering dikaitkan dengan peti mati dan sarkofagus, karena dewi ini melindungi orang mati sampai mereka terlahir kembali di akhirat.

Selain jalan-jalan virtual ke makam Ramses VI, Anda juga dapat mengikuti sejumlah tur lainnya yang tak kalah menarik. Kunjungi laman Instagram Ministry Tourism & Antiquities untuk mencari tahu kegiatan virtual lainnya, foto-foto di belakang layar, informasi wisata terkini, dan lainnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here