7 Alasan Antwerp Lebih Menarik dari Brussel

Jika biasanya pejalan memilih untuk menyambangi Brussel sang ibu kota Belgia, kini perluas daya jangkau hingga Antwerp. Kota pelabuhan yang dalam bahasa Belanda disebut Antwerpen dan Anvers dalam bahasa Prancis ini dapat menjadi destinasi selanjutnya untuk dituju saat berada di Belgia. Dikenal sebagai Kota Berlian Terkemuka di Dunia berkat perdagangan berliannya, Antwerp kaya akan cerita dan bangunan bersejarah, industri fesyen, dan dilabeli sebagai kota terpadat kedua di Belgia setelah Brussel.

Inilah 7 alasan mengapa para pejalan mesti menjadikan Antwerp sebagai destinasi selanjutnya.

1. Cathedral of Our Lady Antwerp akan meninggalkan kesan mendalam dengan fakta gereja Gotik terbesar di Low Countries Eropa. Katedral yang menjadi kebanggaan orang-orang Flemish ini menerima pengunjung hingga 300.000 orang setiap tahunnya karena mereka ingin melihat langsung mahakarya berusia ratusan tahun, yakni goresan kuas Peter Paul Rubens.

2. Sebagai kota multikultural, tentunya menguntungkan Antwerp dari segi kuliner yang kaya akan rasa. Masakan dipengaruhi kultur lain dengan penggunaan bumbu eksotis, seperti pada menu daging hangat Flanders yang memberi kesan tersendiri. Banyak restoran bertema internasional mengisi kota cantik ini, mulai dari restoran Prancis (beberapa dianugerahi bintang Michelin), restoran India, Lebanon, Turki, Afrika, Asia, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencicipi mosselen-friet (kerang dan kentang goreng), waterzooi (kaserol ayam atau ikan), carnonnade flamande (sup daging sapi yang dibuat dengan bir), dan pastinya wafel Belgia yang khas.

3. Selain kuliner yang menggoyang lidah, Antwerp juga dipuji berkat birnya yang awalnya dikembangkan oleh para biarawan di Abad Pertengahan. Duvel Beer adalah merek populer di Belgia, di mana tempat pembuatannya berada di Antwerp yang dapat dikunjungi pejalan dengan mengikuti tur menarik yang menyoroti sejarah.

4. Antwerp adalah salah satu pusat mode modern yang edgy, di sini Anda akan menemukan tempat perbelanjaan, mulai dari merek ritel populer, seperti Zara, H&M, dan Mexx di kawasan Meir, atau melancong ke butik-butik desainer ternama. Datanglah saat Antwerp Fashion Festival yang biasa digelar setiap awal musim gugur, di mana Anda bisa menjadi saksi salah satu parade busana terbaik sepanjang tahun dengan berbagai kemeriahan acara hiburan lainnya.

5. Belgia merupakan salah satu negara di Eropa yang penduduknya gemar menaiki sepeda, baik sebagai moda transportasi utama juga sebagai aksi untuk relaksasi. Terpengaruh gaya hidup warganya, wisatawan dapat turut merasakan keseruan mengayuh sepeda melintasi sudut-sudut kota dan melewati Terowongan St. Anna. Tidak seperti kota-kota lain, di mana jalur sepeda tidak melewati jembatan di atas sungai melainkan berjalan di dalam terowongan yang sudah ada sejak 1933. Cobalah eskalator kayu di sini, yang akan membawa pesepeda dan pejalan kaki naik dan turun. Terowongan ini juga cantik dengan permainan cahaya lampur berwarna-warni.

6. Antwerp menjadi kota penghubung untuk mengunjungi Boom, kota penyelenggara Tomorrowland – festival Electronic Dance Music (EDM) terbesar di Belgia dan salah satu terbesar di Eropa. Tomorrowland begitu menarik dan menghibur setiap tahunnya, diperkirakan lebih dari 200.000 penikmat musik mendatanginya.

7. Sejauh mata memandang, berlian dapat dengan mudah ditemukan di Antwerp karena kota ini menjadi pusat perdagangan berlian global tersibuk, bahkan lebih ramai dibandingkan di Johannesburg dan New York. Diperkirakan dua pertiga berlian berkualitas terbaik di dunia melewati Antwerp. Jadi, jika ingin membeli berlian terbaik, datanglah ke Antwerp, tepatnya di Distrik Diamond, dekat Central Station.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here