Yuk, Coba Bikin Dalgona Coffee yang Lagi Tren!

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan minuman kopi gaya baru yang dikenal dengan nama Dalgona Coffee. Minuman ini bisa dikatakan merupakan cappuccino terbalik, dengan susu vanilla di bawahnya dan foam kopi di atasnya. Cara pembuatannya yang mudah dan bentuknya yang unik membuat Dalgona Coffee cepat viral di media sosial. Di Instagram dan Tik Tok, ribuan orang dari berbagai negara mengunggah upaya mereka dalam membuat minuman ini.

Namun sebenarnya, apa itu Dalgona Coffee dan dari manakah asalnya? Ternyata minuman kopi ini telah lebih dahulu dikenal di India, Macao, dan Pakistan. Namun di negara-negara tersebut, minuman ini disebut whipped coffee atau beaten coffee. Nama Dalgona Coffee sendiri datang dari aktor Korea Jung Il-woo di acara televisi¬†Stars’ Top Recipe at Fun-Staurant yang tayang awal Januari 2020 lalu. Jung Il-woo yang menemukan minuman kopi ini saat pergi ke Macao, memberinya nama panggilan Dalgona karena foam-nya mirip dengan permen khas Korea.

Popularitas Dalgona Coffee terutama meroket di bulan Maret ketika banyak negara mulai memberlakukan kebijakan lockdown dan social distancing. Membuat Dalgona Coffee dirasa sebagai kegiatan pengisi waktu luang di rumah yang menyenangkan. Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkannya cukup sederhana dan kemungkinan besar sudah tersedia di rumah.

Untuk membuat Dalgona Coffee, Anda hanya membutuhkan air panas, gula, dan bubuk kopi instan. Masing-masing bahan dibuat dalam rasio 1:1:1. Selanjutnya, Anda tinggal mencampurkan seluruh bahan ini lalu mengaduknya dengan stand mixer, hand mixer, atau whisk. Aduk terus hingga campuran mengental dan berbusa. Biasanya, dibutuhkan waktu beberapa lama hingga mendapatkan konsistensi foam yang tepat. Setelah mendapatkan kekentalan yang diinginkan, siapkan segelas susu dengan es bila diinginkan, dan tuangkan foam kopi tersebut di atasnya. Campur susu dengan foam kopi tersebut untuk menikmatinya, tentunya setelah Anda memotret dan membagikannya di media sosial. Perpaduan antara susu dan foam menghasilkan minuman yang creamy dan halus dengan sedikit kekentalan.

Untuk orang-orang yang tidak menyukai kopi, minuman berbusa ini juga bisa dibuat dengan bahan-bahan lain. Misalnya saja dengan menggunakan bubuk matcha atau bubuk susu. Untuk Dalgona Matcha, Anda membutuhkan bahan tambahan berupa putih telur. Dengan menggunakan mixer, kocok putih telur hingga berbusa dan bertekstur halus. Selanjutnya, campur gula dengan air dan biarkan mendidih di atas kompor tanpa diaduk. Tuangkan air gula ini ke dalam putih telur yang sudah dikocok, lalu campurkan hingga merata. Tambahkan bubuk matcha dan aduk hingga campuran tersebut rata dan halus. Foam matcha ini pun sudah siap disajikan di atas segelas susu.

Yuk, coba berkreasi membuat Dalgona Coffee dan macam-macam variasi lainnya selama diam di rumah!

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here