Mulai 1 April 2020, AirAsia Indonesia Menangguhkan Sementara Semua Layanan Penerbangan

Keputusan penting diambil AirAsia Indonesia, yaitu menangguhkan semua layanan dengan kode penerbangan QZ mulai 1 April 2020. Rute domestik dan internasional AirAsia Indonesia akan ditangguhkan untuk sementara hingga 21 April dan 17 Mei 2020.

Maskapai ini akan terus memantau perkembangan situasi dan melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi apa yang diperlukan untuk melanjutkan layanan penerbangannya. Bagi penumpang yang terkena dampak penutupan sementara akan diberitahu melalui surel dan SMS. Penumpang dapat mengakses support.airasia.com untuk menjadwal ulang penerbangan mereka sebelum 31 Oktober 2020, tanpa biaya tambahan atau dapat mengonversi jumlah yang dibayarkan untuk penerbangan ke akun kredit dan dapat digunakan hingga 365 hari ke depan.

Penumpang yang memesan penerbangan melalui layanan pemesanan grup, agen perjalanan atau pihak ketiga lainnya disarankan untuk menghubungi pihak terkait. Bagi pelanggan yang akan melakukan perjalanan dalam waktu dekat, disarankan untuk menjadwal ulang penerbangan ke periode sebelum 1 April 2020.

Adapun penerbangan di bawah grup AirAsia yang terdampak dengan keputusan ini adalah sebagai berikut.

  1. AirAsia Indonesia (Kode Penerbangan QZ)

Seluruh penerbangan domestik dihentikan sementara mulai 1 April hingga 21 April 2020. Penerbangan internasional dihentikan mulai 1 April hingga 17 Mei 2020.

  1. AirAsia Malaysia (Kode Penerbangan AK)

Seluruh penerbangan domestik dan internasional dihentikan sementara mulai 28 Maret hingga 21 April 2020.

  1. AirAsia Philippines (Kode Penerbangan Z2)

Seluruh penerbangan domestik dan internasional dihentikan sementara mulai 20 Maret hingga 14 April 2020, bersamaan dengan masa karantina di Luzon dan daerah-daerah lain di Filipina.

  1. AirAsia Thailand (Kode Penerbangan FD)

Seluruh penerbangan domestik dihentikan sementara mulai 1 April hingga 30 April 2020. Sementara penerbangan internasional dihentikan mulai 22 Maret hingga 25 April 2020.

  1. AirAsia India (Kode Penerbangan I5)

Seluruh penerbangan domestik dihentikan mulai 25 Maret 2020 selama 21 hari mengikuti kebijakan pemerintah untuk menghentikan semua penerbangan domestik. AirAsia India hanya melayani penerbangan domestik.

Sementara penerbangan di bawah grup AirAsia X yang terdampak adalah sebagai berikut.

  1. AirAsia X Malaysia (Kode Penerbangan D7)

Penghentian hampir seluruh penerbangan internasional mulai 28 Maret hingga 31 Mei 2020. AirAsia X Malaysia hanya melayani penerbangan internasional jarak jauh.

  1. AirAsia X Thailand (Kode Penerbangan XJ)

Seluruh penerbangan dihentikan mulai 16 Maret 2020 hingga tingga bulan ke depan. Khusus untuk penerbangan dengan rute Bangkok (DMK)-Seoul (ICN), penghentian berlaku hingga 19 April 2020. AirAsia X Thailand juga merupakan maskapai yang hanya melayani perjalanan internasional.

Teks: Priscilla Picauly & Levana Florentia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here