Melia Hotels International Umumkan Rencana Ekspansi di Asia Pasifik

Perusahaan hotel terkemuka asal Spanyol Meliá Hotels International baru saja mengumumkan rencana ekspansi perusahaan mereka di Asia Pasifik. Rencana ekspansi ini dipastikan oleh Executive Vice Chairman dan CEO Meliá Hotels International Gabriel Escarrer Jaume, Chief Operating Officer André Gerondeau, dan Regional Vice President Asia Pacific Bernardo Cabot setelah mengakhiri tur Asia Pasifik mereka dengan mengunjungi Republik Rakyat Cina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Sejak pembukaan Meliá Bali pada 1985 yang menjadi hotel pertama dalam ekspansi mereka di luar Spanyol, perusahaan ini telah memiliki fokus yang kuat pada pasar Asia di mana saat ini telah memiliki berbagai properti di tujuh negara. Melalui empat brand yang tersedia di Asia Pasifik saat ini, yaitu Gran Meliá Hotels & Resorts, Meliá Hotels & Resorts, Sol by Meliá, dan INNSIDE by Meliá, perusahaan ini memprediksi bahwa pertumbuhan bisnis di area ini dapat berkontribusi pada hasil finansial secara global dan memiliki potensi untuk bertumbuh pesat seperti pasar Karibia. Meliá Hotels International juga berencana untuk memperkenalkan dua brand lain mereka ke pasar Asia, yaitu ME by Meliá dan Paradisus by Meliá.

Selama tur berlangsung, perusahaan juga menandatangani tiga hotel terbaru, yaitu Meliá Hoi An dan Meliá Phu Quoc di Vietnam, serta Meliá Phuket Karon di Thailand, yang rencananya beroperasi penuh pada 2022. Selama enam tahun terakhir, perusahaan berhasil mempertahankan pertumbuhan yang stabil di Asia Pasifik, yaitu yang tadinya 6 hotel hingga kini menjadi total 51 properti yang telah beroperasi dan berada dalam pipeline. “Sebagai perusahaan hotel terbesar nomor tiga di Eropa, kami merasa sangat optimis dengan pertumbuhan Meliá Hotels International di Asia Pasifik. Sejalan dengan sifat pasar yang sangat dinamis ini, kami berharap dapat melanjutkan momentum dan komitmen kami di Asia Pasifik,” ujar Gabriel Escarrer.

Komitmen terhadap Indonesia

Sebagai negara pertama dalam ekspansi Meliá Hotels International ke luar negeri, Indonesia memegang posisi penting bagi perusahaan di mana delapan properti telah beroperasi penuh dan berlokasi di destinasi strategis di tanah air, seperti Jakarta, Yogyakarta, Makassar dan Bali. Telah berada di Indonesia selama 34 tahun, saat ini Meliá Hotels International termasuk dalam tiga besar perusahaan jaringan hotel internasional dan berkomitmen untuk mempromosikan berbagai tempat wisata di Indonesia melalui properti mereka, di mana delapan properti baru dalam pipeline perusahaan akan berlokasi di destinasi utama lainnya yang tersebar di tanah air. `

Selama kunjungan di Indonesia, perwakilan perusahaan juga memperkuat kembali kerja sama dengan UNICEF di mana kedua pihak telah menjadi mitra selama 10 tahun. Sejalan dengan misi UNICEF, perusahaan juga berkomitmen untuk mendukung dan mempromosikan perlindungan serta hak anak, terutama di Indonesia di mana banyak anak juga turut menjadi korban dari gempa dan tsunami Sulawesi. Kedua pihak berencana untuk berfokus pada Jakarta dan Makassar untuk tahap pertama, dan akan melanjutkan berbagai rencana kolaborasi lanjutan melalui properti perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pertumbuhan di Negara Lain

Selain Indonesia, Meliá Hotels International juga memantapkan kehadiran mereka di Republik Rakyat Cina (3 properti yang beroperasi dan 7 lainnya dalam perencanaan), Vietnam (10 properti), dan Thailand (4 properti yang beroperasi dan 2 lainnya dalam perencanaan).

Vietnam akan menjadi negara kedua dengan properti Meliá Hotels International terbanyak setelah Indonesia dengan beroperasinya dua properti baru di negara tersebut. Salah satunya adalah Meliá Hoi An di kota tua Hoi An yang terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Hanya 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Danang, hotel ini memiliki 150 kamar dengan 5 tipe berbeda, hotel ini menawarkan dekorasi kontemporer dengan sentuhan elemen lokal lengkap dengan kolam renang, pusat kebugaran, serta YHI spa yang akan memberikan para tamu pengalaman lengkap.

Selain itu, Meliá Hotels International juga akan memperkenalkan  Meliá Phu Quoc yang juga berada di Vietnam serta Meliá Phuket Karon di Thailand, sehingga memperluas pilihan para tamu untuk pengalaman menginap berkualitas yang telah menjadi ciri khas jaringan hotel tersebut.

Di luar Asia Pasifik, perusahaan juga memperluas jejak mereka dengan mengumumkan properti ketiga mereka di Tanzania, Meliá Arusha. Terletak di kota Arusha yang berdekatan dengan Kilimanjaro International Airport serta atraksi utama seperti Taman Nasional Serengeti, Area Konservasi Ngorongoro, dan Gunung Kilimanjaro, resor ini rencananya beroperasi mulai April 2019 dengan menawarkan pengalaman khas Afrika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here