Maybank Bali Marathon 2018 Siap Digelar

Maybank Bali Marathon (MBM) 2018 kembali digelar 9 September mendatang. Memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 2 miliar bagi 86 pemenang, lebih dari 10.000 peserta telah mendaftar, dengan beberapa di antaranya berasal dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan berbagai negara Asia lainnya. Jumlah ini masih bertambah dengan peserta lomba lari anak (children sprint) sebanyak 67 orang dan peserta penyandang disabilitas sejauh 5K sebanyak 52 orang. Agar tetap aman dan nyaman, panitia akan menyiapkan kantong-kantong barisan pelari dan mengatur urutan start berdasarkan kategori lomba dan catatan waktu terbaik (personal best atau disingkat PB) peserta, sehingga peserta dengan PB tercepat akan berada di depan pelari dengan PB yang lebih lambat.

Mengusung tema “Run for Fun, Race for Place”, MBM 2018 tak hanya menjadi ajang pemecahan waktu terbaik bagi para atlet lari, namun juga diharapkan sebagai ajang agar peserta dapat berlari dalam suasana nyaman dan gembira.

Tagline tersebut berangkat dari filosofi bahwa sejatinya MBM merupakan wahana bagi kita semua untuk berlari dalam suasana yang menyenangkan di tengah keindahan panorama Bali sebagai destinasi wisata internasional dan di tengah keramahan masyarakat Bali dengan pesona budayannya.  Tetapi MBM juga merupakan tempat bagi para runner yang ingin mengukir prestasi terbaik karena standar internasional yang diterapkan pada MBM,” jelas Taswin Zakaria selaku Presiden Direktur Maybank Indonesia.

Sejak 2013, MBM menjadi lomba full marathon pertama di Indonesia yang berhasil memenuhi kualifikasi dalam official race directory Boston Marathon. Di samping itu, MBM juga telah mendapatkan sederet pengakuan, termasuk sebagai One of The 52 Best Races on Earth 2016 (dari majalah Runner’s World), One of Remarkable Races You Need to Run Before You Die (The Active Times, 2015), Best Marathon/Best Half Marathon/Best Finisher Medal (RunHood Magazine, 2015) dan The Best Running Activation (Mix Marcomm Magazine, 2014)

CSR Bali Marathon

Seperti rangkaian tahun-tahun sebelumnya, Maybank Indonesia kembali melanjutkan program corporate social responsibility (CSR) secara berkesinambungan di Bali, khususnya di kawasan yang dilalui dalam jalur lomba maraton, seperti Kabupaten Gianyar dan Klungkung. Maybank Indonesia juga akan memperlihatkan showcase program RISE dan Maybank Women Eco Weaver di Taman Bhagawan.

Program RISE, yang berlangsung sejak 26 Juli 2016 adalah program pembinaan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) dan keuangan kepada para penyandang disabilitas. Program ini terdiri dari pelatihan dan mentoring terstruktur yang bertujuan membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha para penyandang disabilitas sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya. Di Bali, sebanyak 137 entrepreneur penyandang disabilitas telah mengikuti program RISE sepanjang tahun 2017 dan 2018. Selain itu, dukungan di bidang pendidikan juga diberikan oleh Maybank Indonesia melalui 43 sekolah yang berada di sepanjang rute maraton.

“Pelaksanakan CSR secara berkesinambungan sudah menjadi bagian dari upaya positif kami untuk turut berbagi dalam upaya pengembangan komunitas secara berkelanjutan di Bali. Melanjutkan inisiatif CSR mendukung kesehatan masyarakat dan pendidikan yang dilakukan sebelumnya, pada 2018 kami juga akan memfokuskan pada pembinaan koperasi serta generasi muda dan pemberdayaan masyarakat termasuk komunitas penyandang disabilitas,” kata Taswin Zakaria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here