Koki Pastry Terbaik di Dunia Buka Restoran di London

Setelah kesuksesannya membuka rumah makan pop-up di Hotel Café Royal, London, pada 2016, koki pastry Albert Adrià kembali hadir di hotel bintang lima tersebut dengan berbagai kreasi penganan manisnya. Dinamai Cakes & Bubbles, restoran yang khusus menjual dessert ini akan beroperasi secara permanen mulai November 2018.

Adrià sebelumnya mengoperasikan restoran elBulli yang legendaris bersama saudaranya (sayangnya restoran ini sudah tutup sejak 2011). Berkat restoran bintang tiga Michelin itu jugalah ia terpilih sebagai The World’s Best Pastry Chef oleh The World’s 50 Best Restaurants. Ia juga memiliki banyak rumah makan lainnya, mulai dari bar tapas Tickets, restoran Meksiko Hoja Santa yang pernah mendapatkan satu bintang dalam buku panduan Michelin 2016, hingga Enigma yang baru beroperasi tahun lalu. Cakes & Bubbles menjadi restoran pertama Adrià yang berada di luar Spanyol.

Cake dan Champagne

“Membuat pastry itu bagai melukis ke dalam kanvas kosong. Kemungkinannya tidak terbatas,” jelas Adrià saat ditanya alasannya membuka restoran tersebut.

Karena itulah koki kelahiran L’Hospitalet de Llobregat ini bakal menghadirkan berbagai dessert yang merupakan paduan klasik dan kontemporer, termasuk cheesecake kreasinya yang sudah populer duluan di Tickets. Cake ini terlihat seperti roda keju, padahal sebenarnya berisi hazelnut dan cokelat putih. Menu rekomendasi lainnya adalah flan dengan topping karamel di atasnya, donat buatan sendiri, kue nanas madu, waffle pisang karamel, dan kue cokelat ninyoyaki.

Uniknya, hidangan manis ini dapat dinikmati bersama berbagai pilihan sampanye dan sparkling wine (karena itulah nama restoran ini ditambahkan kata “bubbles”) yang dijual per gelas maupun per botol dengan kisaran harga yang bervariasi.

“Saya percaya London adalah ibu kota dunia, dan saya menantikan tantangan baru ini. Ini adalah proyek yang menggairahkan saya sebagai koki pastry, karena saya tidak pernah membuka restoran khusus yang menjual berbagai penganan manis. Saya tak sabar menyambut tamu untuk datang ke restoran ini di Hotel Café Royal, satu-satunya hotel mewah modern di London yang membuat saya merasa menjadi bagian dari kota ini,” imbuhnya.

WHY WE LOVE IT

Hotel Café Royal yang menjadi lokasi restoran ini rupanya sudah beroperasi sejak 1865 sebagai toko anggur, restoran, dan gedung serbaguna bagi berbagai acara penting di London. Banyak tokoh ternama dan selebriti, termasuk Oscar Wilde, Virginia Woolf, Mick Jagger, Elizabeth Taylor, Muhammad Ali, dan Putri Diana, yang menjadi pelanggan tetap Café Royal. Belakangan bangunan tersebut direstorasi dan diubah menjadi hotel, dengan tamu yang terus berdatangan berkat keindahan arsitektur, fasilitas modern, dan lokasinya yang berada dekat sejumlah shopping street, gedung teater, dan atraksi wisata lainnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here