Rainforest Lumina, Atraksi Baru di Singapore Zoo

Saat malam tiba ketika sejumlah penghuninya sudah tertidur lelap, Singapore Zoo menawarkan atraksi baru yang memungkinkan pengunjungnya untuk tetap menyaksikan hewan-hewan tersebut - hanya saja dalam bentuk virtual!

Diluncurkan untuk menyambut hari ulang tahun Singapore Zoo yang ke-45, atraksi baru yang dinamai Rainforest Lumina ini mencakup hampir separuh luas area kebun binatang tersebut dan terdiri 11 zona. Pengunjung dapat menelusuri jalur sepanjang satu kilometer tersebut untuk melihat sekelompok hewan virtual yang disebut Creature Crew melalui instalasi suara dan cahaya interaktif.

Beroperasi mulai 1 Juli hingga 31 Desember 2018, Rainforest Lumina merupakan hasil kerja sama Wildlife Reserves Singapore dan Moment Factory, studio hiburan multimedia di balik rangkaian instalasi Lumina lainnya yang sebelumnya hadir di tepi pantai Kanada dan di sebuah pulau di Jepang.

Mike Barclay selaku Group CEO dari Mandai Park Holdings mengatakan bahwa atraksi tersebut bertujuan untuk menyebarkan pesan mengenai konservasi satwa liar sekaligus upaya mereka untuk meningkatkan penggunaan teknologi di dalam dan sekitar daerah tersebut. Dengan jam operasional Singapore Zoo yang sebelumnya tutup pukul 18:00 tiap harinya, kolaborasi ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat suasana kebun binatang tersebut di malam hari, selain juga menghadirkan sesuatu yang baru untuk yang sudah pernah mampir kemari.

“Kami sadar bahwa ada segmen tertentu, terutama di antara penduduk setempat, di mana kami tidak benar-benar memiliki daya tarik yang kuat,” kata Barclay, yang mengatakan bahwa atraksi baru itu diharapkan dapat menarik kunjungan para remaja dan dewasa muda. “Banyak orang datang ke kebun binatang bersama anak-anak dan cucu-cucu mereka, tetapi ada saat-saat di mana kami tidak mendapat banyak kunjungan.”

Selama proses persiapan hampir 10 bulan, Singapore Zoo telah mengambil beberapa langkah untuk memastikan hewan-hewan penghuni kebun binatang tersebut tidak terganggu, seperti melakukan studi dampak dan simulasi, serta memproyeksikan suara dan cahaya jauh dari area hunian satwa.

Tiket masuk Rainforest Lumina ini seharga 22 dolar untuk dewasa dan 16 dolar untuk anak-anak, di luar tiket masuk Singapore Zoo. Atraksi ini sendiri buka setiap harinya mulai pukul 19:30 hingga 22:30.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here