3 Makanan yang Patut Dicoba Bila ke Cordoba

Masakan khas Cordoba adalah hasil dari berbagai perabadan yang pernah meninggalkan jejak di kota di selatan Spanyol ini. Bangsa Romawi memperkenalkan penggunaan minyak zaitun yang kemudian menjadi kunci utama dalam banyak masakan Mediterania. Bangsa Arab memperkenalkan penggunaan kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan sayur-mayur yang diolah dengan cita rasa asam manis, yang kemudian dikembangkan untuk pembuatan aneka kue dan permen. Sementara kedatangan umat Kristen membawa pengaruh dalam pengolahan daging dan pemakaian daging dalam berbagai hidangan. Berikut hidangan yang patut dicicipi di Cordoba:

Salmorejo

Sup dingin yang kental ini terbuat dari tomat, roti yang dihancurkan, minyak zaitun, dan krim. Merupakan hidangan pembuka yang populer di berbagai bar, kafe, dan restoran di Cordoba, salmorejo merupakan salah satu jenis tapas yang paling mudah dibuat.

Boquerones En Vinagre

Hidangan ini berarti harfiah ikan yang diacar. Merupakan satu lagi jenis tapas khas Cordoba, ikan whitebait (sejenis teri) yang telah diberi garam ini kemudian direndam semalaman di dalam cuka. Disajikan mentah, ikan yang telah menyerap cuka itu disajikan dengan irisan bawang putih, bawah merah, dan daun parsley, serta dibubuhi minyak zaitun extra virgin.

Rabo De Toro

Merupakan sop buntut ala Cordoba, hidangan ini terbuat dari ekor banteng, berhubung Cordoba memiliki tradisi bullfighting yang kental. Irisan buntut dimasak bersama bawang merah, bawang putih, tomat, paprika, saffron, kemudian ditambahkan setengah liter anggur merah produksi setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here