Menikmati Lembang dari Ketinggian 1.587 mdpl

0
4486

Berkemah di puncak gunung merupakan salah satu cara untuk menjauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Jika kamu sedang berada di Bandung dan berencana menghabiskan waktu dengan mendaki gunung, Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan.

Kamu tidak perlu khawatir bila belum pernah mendaki sekalipun, karena Gunung Putri sejatinya bukanlah sebuah gunung, melainkan sebuah bukit dengan trek berupa tangga yang cukup tertata apik. Untuk sampai di puncaknya, kamu hanya perlu trekking tak sampai 30 menit. Sebagai penanda, di puncak Gunung Putri terdapat sebuah tugu yang dikenal dengan nama Tugu Sespim.

Foto: Instagram @sayasoni_

Konon, gunung ini dipercaya sebagai tempat persembunyian Dayang Sumbi yang melarikan diri dari Sangkuriang. Dari gunung inilah Sangkuriang menendang perahu yang menjelma menjadi Gunung Tangkuban Parahu. Di gunung ini juga berdiri sisa-sisa benteng peninggalan zaman kolonial Belanda. Namun saat ini benteng tersebut sudah tampak tidak terurus dengan rumput ilalang di sekitarnya. Warga sekitar sering menyebutnya Benteng Gunung Putri atau Benteng Jayagiri.

Jika ingin berkemah di kawasan ini, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp22.000 per orang untuk satu malamnya. Sedangkan tiket parkirnya Rp10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp20.000 untuk kendaraan roda empat. Fasilitas seperti toilet umum pun sudah tersedia di sekitar area camping ground.

Foto: Instagram @giri_alghifari

Trek mendaki didominasi dengan hutan pinus, yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Apalagi jika area pinus tertutup kabut, kamu bisa menghasilkan foto-foto dengan kesan mistis yang ciamik. Bila cuaca cerah, kamu bisa menikmati gemerlap lampu-lampu kota dari ketinggian di malam hari. Udara sejuk khas pegunungan juga menambah syahdu kawasan ini.

Keesokan paginya, kamu akan disambut dengan panorama matahari terbit yang tampak dari gunung yang memiliki ketinggian 1.587 mdpl ini. Tidak adanya pepohonan yang menghalangi jarak pandang akan membuat kamu semakin leluasa menyaksikan keindahan alam yang tersaji di depan mata. Dari kejauhan akan terlihat pemandangan Gunung Tangkuban Perahu, Rakutak, hingga Burangrang. Namun, dengan catatan jika cuaca sedang cerah.

Foto: Instagram @hilmymew

Gunung Putri Lembang terletak di Desa Jayagiri, tepatnya di Jalan Gunung Putri No. 184, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Bisa dikunjungi sepanjang hari, disarankan datang sebelum malam tiba bila berniat camping di sini.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu dapat berkendara dari pusat kota Bandung selama sekitar 2,5 jam. Bila tidak membawa perlengkapan berkemah, bisa menyewa di lokasi dengan biaya sekitar Rp200.000 untuk tenda dan matras. Namun, disarankan membawa sendiri untuk berjaga-jaga bila kehabisan. Jangan lupa juga untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, termasuk mendirikan tenda berjauhan dengan tenda pengunjung lain.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here