Mencicipi Sup Ikan ala Sichuan di SUJI

0
4556
Foto: Dok. SUJI

Belakangan ini semakin banyak saja restoran yang menyajikan masakan Sichuan. Makanannya yang didominasi rasa pedas memang cocok di lidah orang Indonesia, sehingga tak heran bila para foodie pun ketagihan untuk mencari tempat-tempat baru yang menyajikan hidangan serupa. 

Bila tengah mencari alternatif masakan Sichuan selain mala hot pot, cobalah mampir ke SUJI. Restoran yang baru membuka gerainya di Central Park Mall, Jakarta Barat ini menawarkan suan cai yu sebagai menu andalannya. 

Dibanding masakan Sichuan lainnya yang sudah lebih dahulu populer, suan cai yu ini memang masih terdengar asing di telinga. Namun di negara asalnya, hidangan ini dapat dijumpai hampir di setiap restoran Sichuan. 

Foto: Instagram @jktgo

Berupa potongan ikan lembut yang disajikan dalam kuah kaldu ikan, suan cai yu sekilas mirip saudaranya, shui zhu yu. Namun, shui zhu yu disajikan dalam kuah yang lebih pedas, sementara suan cai yu memiliki kuah yang lebih light. Rasanya juga unik, yakni merupakan perpaduan asam yang berasal dari sayur asin (suan cai) dengan pedas yang berasal dari merica Sichuan dan cabai merah kering. 

Di SUJI, ada dua pilihan ikan yang bisa diolah menjadi suan cai yu, yakni gurami dan kerapu. Harganya mulai Rp198.000 per ekor untuk gurami, dan Rp379.000 per ekor untuk kerapu. Yang mana pun pilihan ikannya, kamu tak bakal kecewa, karena ikannya segar dengan daging yang empuk, serta sama sekali tak tercium bau tanah. Kuahnya pun sedap dan gurih, serta bisa digunakan untuk cocolan menu lainnya, seperti kulit tahu atau cakwe. 

Foto: Instagram @jktgo

Selain suan cai yu, kamu juga bisa menjajal menu menarik lainnya. Sebut saja Gurami Goreng Stick, atau potongan ikan gurami yang disajikan bersama bumbu mala yang pedas, wangi, dan penuh cita rasa. Menu ini terutama difavoritkan sebagai topping untuk dinikmati bersama nasi putih atau bubur. Ada pula Bing Fen yang cocok disantap sebagai hidangan penutup, terutama selagi cuaca sedang terik.

Bila ingin menikmati dim sum sebagai menu pembuka, SUJI menawarkan ragam hidangan yang lumayan lengkap, seperti siomai rumput laut, pangsit mayo udang, hakau goreng, mantau, bakpao telur asin, ceker ayam, lobak goreng, talas goreng ayam dan jamur, lo mai gai (nasi ketan ayam), dan masih banyak lagi. Harga dim sum mulai Rp22.000 hingga Rp30.000 per porsinya.

Foto: Dok. Google Maps/Mitch Soesanto

Saat ini, SUJI sudah memiliki dua gerai, yakni di Pantai Indah Kapuk (Ruko Golf Island, Blok L No. 67-68) dan Central Park Mall (Lantai LG unit 212). Ke depannya, SUJI akan membuka gerai terbarunya di Ashta SCBD. Khusus gerai di Central Park Mall dan Ashta SCBD, seluruh menunya tidak ada yang menggunakan daging babi maupun minyak babi.

Selama pandemi, SUJI juga sudah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, termasuk mengatur tempat duduk agar jaga jarak bisa terpenuhi dan membatasi jumlah pengunjung di dalam restoran. Untuk reservasi, kamu bisa menghubungi (021) 2233 9058 dan 0877 7118 7119 (Pantai Indah Kapuk) atau 0816 9922 88 (Central Park Mall). Kamu juga dapat mengikuti akun Instagram @suji.suancaiyu untuk mengetahui promosi terbarunya. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here