Yuk, Bantu Lestarikan Kembali Sungai Ciliwung Lewat Race 4 Hulu Ciliwung

0
4236

Sungai Ciliwung yang melintasi Jakarta, Bogor, dan Depok memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat yang berada di sekitarnya. Namun, seiring waktu, peran sungai ini terancam dengan banyaknya pencemaran lingkungan, terutama dari limbah industri maupun limbah rumah tangga. 

Keberadaan sampah tak hanya berpengaruh buruk bagi aliran air sungai yang merupakan sumber bahan baku air minum, namun juga memberikan dampak negatif pada ekosistem sungai. Daerah tangkapan air di bagian hulu pun rusak, sehingga badan sungai di wilayah Jakarta mengalami penyempitan dan mengakibatkan daya tampung air sungai menyusut. Saat hujan, tak jarang kondisi ini menyebabkan banjir. 

Kondisi tersebut mendorong WWF-Indonesia bersama 99 Virtual Race untuk melakukan penggalangan dana yang dikemas dalam bentuk lomba lari dan sepeda virtual. Dinamai Race 4 Hulu Ciliwung, setiap peserta yang mengikuti lomba ini otomatis menyumbangkan Rp30.000 untuk mendukung program penghijauan hulu Sungai Ciliwung dan pengadaan air bersih bagi masyarakat sekitarnya. 

Bila tertarik memberikan donasi lebih, 99 Virtual Race juga membuka Add-on Donation dengan mininum sumbangan Rp30.000. Nantinya, seluruh dana yang terkumpul akan diserahkan ke WWF-Indonesia untuk pelestarian Sungai Ciliwung. 

Adapun lomba tersebut dibagi dua kategori, yakni Multiple Virtual Run 44K dan Multiple Virtual Ride 144K. Periode lombanya mulai 22 Februari hingga 21 Maret 2021, sementara pendaftarannya dibuka hingga 7 Maret 2021.

Foto: Dok. 99 Virtual Race

Untuk ambil bagian dalam ajang ini, kamu dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi yang dapat diunduh di Google Play maupun App Store. Biaya pendaftarannya Rp159.000, sudah termasuk e-BIB, medali finisher, e-certificate, dan donasi Rp30.000. Tak hanya itu, para peserta juga berkesempatan memenangkan sejumlah door prize menarik, seperti JBL GO 2 Mini Speaker dan smartwatch Garmin Forerunner 45.  

Bila tertarik membeli jersey, peserta cukup menambahkan Rp199.000 untuk running jersey, atau Rp379.000 untuk cycling jersey. Bahan jersey ini diklaim 100 persen menggunakan material daur ulang, selain memiliki fitur antivirus, antibau, dan memberikan proteksi lebih terhadap sinar UV. 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi 99virtualrace.com atau mengikuti akun Instagram @99virtualrace.id. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here