Tak Cuma Tawarkan Keindahan Sunrise dan Sunset, Pantai Pangandaran Juga Punya Lokasi Snorkeling

0
4065

Berbicara Kabupaten Pangandaran, biasanya yang terlintas pertama di benak adalah Green Canyon yang terkenal dengan wisata susur sungainya. Namun, kawasan ini menawarkan banyak destinasi alam menarik lainnya, termasuk Pantai Pangandaran yang merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Jawa Barat.

Destinasi ini berada di semenanjung yang membentang dari utara ke selatan, dengan pantai yang terletak di sisi timur dan barat, sehingga pengunjung pun dapat menikmati pemandangan matahari terbit maupun terbenam dalam satu lokasi yang sama.

Selain menikmati keindahan sunrise dan sunset, kamu pun dapat menjelajah hutan di kawasan ini yang masih alami, atau menyelami perairannya untuk menikmati keindahan bawah laut.

Untuk mencapai spot snorkeling, kamu hanya perlu berjalan kaki atau berenang dari tepian pantai di sisi timur maupun barat. Namun, kamu juga dapat menyewa perahu yang tersedia di sekitaran pantai untuk mengelilingi pantai dan mencari spot-spot snorkeling terbaiknya sambil menyaksikan panorama alam sekitar semenanjung dan mengamati aktivitas nelayan setempat yang sedang mencari ikan di laut.

Ada beberapa spot yang biasanya dikunjung saat berwisata perahu di kawasan ini. Salah satunya adalah Batu Layar yang berupa bebatuan karang yang terkikis sehingga berbentuk serupa layar perahu. Ada juga Batu Buaya, yang juga berupa bebatuan karang, dengan bentuk mirip buaya yang sedang berjemur bila dilihat dari samping.

Selepas berkeliling ke beberapa spot tersebut dengan naik perahu, barulah kamu dapat menikmati snorkeling di perairannya (di sisi timur Pangandaran) untuk melihat ikan warna-warni dan hamparan terumbu karang. Hanya saja, berhati-hatilah dengan karang tajam di sini ya, sebisa mungkin menghindarinya agar tidak terluka. Jangan pula menyentuh atau menginjaknya, karena sama saja dengan membuntuh terumbu karang tersebut.

Foto: Instagram @raka.gpramadika

Lalu, biasanya warga yang menyewakan kapal atau operator setempat menawarkan roti atau pelet untuk memberi makan ikan. Namun, tahukah kamu, memberi makan ikan dapat merusak keseimbangan ekosistem karena akan mengalihkan ikan dari sumber makanan alaminya? Jadi hal ini sebaiknya ditolak. Sebagai gantinya, cukup amati saja ikan-ikan cantik yang berseliweran di sekitar.

Tertarik snorkeling di sini? Biaya sewa perahu di Pantai Pangandaran ini bervariasi, tergantung jarak dan durasi perjalanan, dengan kisaran Rp15.000 hingga Rp30.000 per orang (biasanya minimal keberangkatan 10 orang). Sementara biaya sewa peralatan snorkeling di sini mulai Rp15.000 hingga Rp35.000 per orang.

Kamu juga bisa membeli paket wisata snorkeling dari operator tur setempat, seperti @info_wisata_pantai_pangandaran (T. 0822 9537 5440), dengan tarif mulai Rp89.000 per orang untuk minimal 10 orang hingga Rp200.000 per orang untuk minimal 2 orang. Paket wisata ini sudah termasuk sewa perahu, pelampung, alat snorkeling, mampir di spot Batu Layar dan Batu Buaya, dokumentasi, dan pemandu.

Ada pula @pantai_pangandaran (T. 0812 2320 9761) yang menawarkan paket wisata seharga Rp135.000 per orang, sudah termasuk snorkeling dan bermain banana boat, atau Rp150.000 per orang untuk snorkeling dan wisata perahu. Biaya ini sudah termasuk peralatan snorkeling, jasa pemandu, jasa dokumentasi, dan asuransi.

Pantai Pangandaran sendiri terletak di Desa Pangandaran dan Pananjung, yang mudah diakses wisatawan dengan jalanan beraspal yang bagus. Bila berangkat dari Jakarta, kamu dapat menempuh perjalanan via Jalan Tol Cikopo-Palimanan dengan total jarak 392 kilometer, atau sekitar tujuh jam berkendara.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here