Nepal van Java di Dusun Butuh Beroperasi Lagi, Tawarkan Spot Selfie Baru

0
3805

Kabar baik bagi traveler yang berada di Jawa Tengah, atau berencana liburan ke sana dalam waktu dekat. Baru-baru ini, destinasi wisata Nepal van Java di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik telah kembali beroperasi.

Pembukaan itu sendiri tercantum dalam surat edaran No. 03/NVJ_8th/XI/2020, di mana pihak pengelola wisata Nepal van Java telah membuka tempat wisata tersebut mulai 7 November 2020 untuk publik. Di dalam surat edaran tersebut juga tertulis hari libur kawasan wisata tersebut, selain juga harga tiket masuk yang baru.

Sebelumnya, kawasan yang berada di kaki Gunung Sumbing ini sempat tutup sementara mulai pertengahan Oktober untuk melakukan sejumlah pembenahan pada fasilitasnya. Selain pengecatan rumah-rumah warga, pihak pengelola wisata juga melakukan penambahan fasilitas, termasuk lokasi parkir mobil.

Foto: Instagram @nanirachmannn

Tak hanya itu, beberapa perbaikan pun dilakukan pada Patung Naga yang mernjadi ikon Dusun Butuh, termasuk pagar anak tangga di sisi timur yang menjadi spot selfie. Gardu pandang pun dibenahi, sehingga kini traveler dapat berfoto di gardu pandang yang terletak di area bawah maupun atas Dusun Butuh.

Berada di ketinggian 1.620 meter di atas permukaan laut, kawasan ini sendiri berjuluk Nepal van Jawa karena memiliki lanskap yang mirip pemukiman penduduk di Nepal, di mana rumah-rumah warganya tampak bertingkat di lereng gunung. Pemandangan alamnya pun indah dan udaranya sejuk, sehingga tak heran bila banyak traveler memasukkannya ke dalam daftar kunjung.

Saat terbaik kemari adalah di pagi hari, ketika cuaca cerah dan puncak gunung yang menjadi latar pemukiman di sini terlihat jelas dan tak tertutup kabut. Hal ini juga untuk menghindari hujan yang kerap turun di sore hari.

Foto: Instagram @mitha_mitaaa

Untuk mencapai lokasi ini, kamu dapat berkendara dari pusat kota Magelang via Jalan Raya Bandongan selama satu jam. Mendekati kawasan ini, jalanan akan semakin menanjak, dengan beberapa di antaranya cukup curam, sehingga bila kendaraan yang dibawa tidak kuat menanjak, bisa diparkirkan di bawah. Kemudian, naiklah ojek menuju Dusun Butuh dengan tarif sekitar Rp40.000 pp.

Biaya parkirnya Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Sementara biaya masuk ke kawasan wisata ini Rp8.000 per orang, dengan kunjungan wisata ditutup setiap Jumat. Berfoto di Patung Naga gratis, namun bila ingin berfoto di gardu pandang, biayanya Rp3.000 untuk gardu pandang bawah dan Rp5.000 untuk gardu pandang atas.

Teks: Melinda Yuliani