Heart Reef, Gugusan Karang Berbentuk Hati di Australia Kini Bisa Dikunjungi

0
3191

Terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, Great Barrier Reef merupakan kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang membentang sepanjang 2.600 kilometer di lepas pantai Queensland. Menyelam adalah cara terbaik untuk melihat keindahan alam bawah lautnya, atau dengan menaiki kapal berlantai kaca dari Cairns, Port Douglas, Townsville, Bundaberg, Rockhampton, Mackay, Mission Beach, dan Airlie Beach.

Namun, untuk melihat Heart Reef, gugusan karang berbentuk hati yang kecantikannya sering diabadikan di kartu pos dan ditampilkan di berbagai platform, selama ini wisatawan harus puas hanya mengaguminya dari atas seaplane atau helikopter. Beruntung, baru-baru ini kawasan tersebut telah dibuka untuk pengunjung. Kini, dengan membayar lebih, para pelancong dapat melihat langsung gugusan karang cantik tersebut dari dekat, dan bahkan menyusuri perairan di sekitarnya.

Foto: Dok. Salty Wings

Memiliki diameter tak lebih dari 30 meter, Heart Reef terletak sekitar 60 kilometer di timur laut Hamilton Island, pulau berpenghuni terbesar di Whitsunday Islands. Pulau ini memiliki bandaranya sendiri, dengan penerbangan langsung tiap hari dari Sydney, Melbourne, Brisbane, dan Cairns yang dilayani oleh Jetstar, Virgin Blue, dan Qantas. Tersedia pula penerbangan carter dari Mackay, Proserpine, dan Airlie Beach.

Foto: Dok. Salty Wings

Setibanya di Hamilton Island, wisatawan dapat mengikuti tur ke Heart Reef dengan durasi tiga jam. Perjalanan dimulai dengan naik helikopter selama 30 menit melintasi Whitsunday Islands untuk melihat panorama kawasan tersebut secara keseluruhan dari ketinggian, sebelum akhirnya tiba di tujuan. Setelah mendarat, wisatawan memiliki waktu 90 menit untuk mengeksplorasi Heart Reef.

Foto: Dok. Salty Wings

Meski snorkeling dan scuba diving di sekitar perairan tersebut masih tidak diperbolehkan karena statusnya yang dilindungi, wisatawan dapat menyusurinya dengan menaiki kapal berlantai kaca mengitari gugusan karang tersebut. Saking jernihnya, keindahan koral pun dapat terlihat jelas tanpa harus menyelam. Bila ingin tetap berenang, Anda akan diantar ke laguna terdekat untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Foto: Dok. Salty Wings

Ponton yang menjadi lokasi mendarat helikopter juga dilengkapi kolam, meski airnya dangkal dan kolamnya tertutup, selain juga persediaan makanan ringan dan sparkling wine yang melimpah, sehingga wisatawan pun dapat duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan Great Barrier Reef.

Foto: Dok. Salty Wings

Sebelum kembali ke Hamilton Island, sang pilot akan mengajak penumpang kembali mengitari Heart Reef, lalu melintasi Whitsunday Island, Hook Island, Whitehaven Beach, dan Hill Inlet dengan total durasi terbang selama satu jam.

Tur ke Heart Reef ini hanya terbuka untuk tamu di atas usia 14 tahun. Tarifnya sendiri 1.100 dolar Australia per orang, dan wisatawan disarankan untuk memesan tur tersebut jauh-jauh hari. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here